dr. Lula Kamal Berbagi Tips Hidup Sehat Berdampingan dengan Covid-19

0
1123
Webinar Kesehatan Hidup Berdampingan dengan Covid_Lula Kamal 1
Webinar Kesehatan Hidup Berdampingan dengan Covid_Lula Kamal 1

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum dapat diprediksi kapan berakhirnya. Namun, kondisi ini tidak bisa menjadi penghalang bagi banyak orang untuk terus melanjutkan aktivitas, walaupun di tengah berbagai keterbatasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa virus Covid-19 akan terus bermutasi menjadi varian virus lainnya selama keberadaan mereka masih ada.

Merupakan sifat alamiah virus yang berusaha untuk beradaptasi mempertahankan dirinya. Melihat situasi ini, yang kita butuhkan untuk tetap bertahan di tengah pandemi adalah kemampuan untuk beradaptasi.

Hidup berdampingan dengan Covid-19, dapat dilakukan dengan merubah perilaku, cara pandang, serta beradaptasi dengan kebiasaan baru. Untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai situasi dan kondisi terkini, Allianz Life Indonesia berinisiatif menyelenggarakan Webinar bertema “Mungkinkah Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19?” untuk para pemegang polis asuransi kesehatan kumpulan.

Webinar menghadirkan Nicolaus Satya, Bharata Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia sebagai perwakilan manajemen Allianz dan dr. Lula Kamal M.Sc Pemerhati Kesehatan, Public Figure, dan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19.

Baca juga: PDHMI Paparkan Hasil Riset Uji Klinis Polyherbal pada Pasien Covid-19

“Sejalan dengan tujuan kami untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia, penyelenggaraan webinar dengan tema kesehatan seperti ini merupakan salah satu wujud kepedulian Allianz, agar kita dapat menghadapi dan mengatasi pandemi ini bersama-sama,” kata Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia.

dr. Lula Kamal memaparkan perkembangan situasi pandemi terkini di Indonesia dan dunia, serta pedoman tata cara kehidupan sehari-hari setelah terjadinya pandemi. “Setelah WHO menyatakan keadaan pandemi tahun 2020, banyak sekali perubahan yang harus dilakukan terutama dalam beraktivitas. Kemudian setelah satu setengah tahun ini, perkembangan varian virus dan kasus positif juga masih terus terjadi. Lalu jadi pertanyaan baru bagaimana cara kita hidup dan bertahan dengan terus adanya virus Covid-19 di sekitar kita? Terkait pertanyaan ini, maka yang harus kita pahami dan lakukan adalah cara pencegahan dan penanganan. Kedua hal ini harus diterapkan oleh setiap individu, bukan hanya sebagian orang saja,” paparnya.

Webinar Kesehatan Hidup Berdampingan dengan Covid_Lula Kamal 1
Webinar Kesehatan Hidup Berdampingan dengan Covid bersama dr. Lula Kamal

Lula Kamal mengingatkan, ketika ada seseorang atau anggota keluarga terkena Covid-19 maka seluruh anggota keluarga harus menerapkan protokol kesehatan ketat, memastikan adanya ventilasi udara untuk kamar isolasi pasien, pemisahan alat makan dan pakaian pasien, berjemur setiap hari dan mengerti gejala yang menjadi pertanda pasien harus segera pergi ke rumah sakit.

Adapun  langkah-langkah pencegahan di saat situasi sekarang ini yang paling penting  adalah vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan 5M yang menjadi satu kesatuan. Kedua langkah ini tidak dapat dipisahkan dan merupakan cara paling ampuh untuk mencegah penularan.  Semua rangkaian pencegahan ini harus dilakukan, terutama pada saat beraktifitas, bekerja/WFO ataupun saat ke luar rumah maupun liburan. Di Indonesia sendiri program vaksinasi masih terus dilakukan sampai hari ini.

Baca juga: [Survei] Mayoritas Warga Tolak Skema Vaksinasi Berbayar

“Vaksin tidak akan menjadikan seseorang kebal terhadap virus, namun vaksin akan meminimalisir efek paparan Covid-19 dan diharapkan akan mampu mengurangi angka penularan serta kematian akibat Covid-19,” dr. Lula menjelaskan.

Selain kedua hal tadi, upaya pencegahan lainnya adalah meningkatkan pola hidup sehat, dengan memperhatikan waktu dan kualitas istirahat, pola makan yang bergizi dan seimbang, mengonsumsi vitamin, olahraga secara teratur dan terukur, dan pengelolaan stres.

“Dengan memenuhi cara pencegahan dan penanganan ini, harapannya masyarakat dapat terus mempertahankan imunitas yang kuat dan secara bertahap mengurangi angka penularan virus Covid-19.” tutup dr. Lula.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.