DSC 2022 Resmi Ditutup, Bisnis Makanan dan Minuman Masih Mendominasi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Diplomat Success Challenge (DSC) telah merampungkan rangkaian programnya di tahun 2022. Ekosistem dan kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang telah eksis sejak tahun 2010 ini, kembali menjadi ‘rumah’ bagi para challengers yang berhasil mendapatkan hibah modal usaha.

Proses seleksi hingga final penjurian telah berjalan sejak bulan Juni 2022. Pada perayaan malam final melalui webseries di kanal YouTube resmi Diplomat Sukses, terpilihlah enam challengers yang berhasil mendapatkan hibah modal usaha; Dara Zam Chairyah (Denger-inD), I Kadek Karya Yoga Utama (RDNB Jewelry), Hedar (Nasi Kulit Syuurga), Diva Velda Hanifa (OhMyGethuk), Yessie Natasia Mareti (YORRI Eatery), serta Best of the Best DSC 2022, Ria Ellysa dengan bisnis inovatif ready-to-drink meal yaitu OTERRA.

Selain para penerima hibah modal usaha, penghargaan istimewa sebagai Most Potential Business sukses disandang Yodan Tunggul Pranata (Troya Academic Platform) dan Muhammad Fikri (Rumah Ice Cream Indonesia). Para finalis DSC 2022 akan mendapatkan kesempatan pendampingan bisnis dari DSC selama 2 tahun ke depan, serta secara resmi bergabung dengan jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

“Kami bersyukur, di tahun penyelenggaraan ke-13 ini DSC semakin menunjukkan eksistensinya, tidak hanya sebagai sebuah inkubator kewirausahaan, namun menjadi ekosistem wirausaha yang terintegrasi dan dapat menjadi benchmark bagi pertumbuhan ekonomi negara yang kita cintai ini. Selamat kepada para challengers yang menerima hibah modal usaha. Kami tunggu gebrakan kalian secara nyata,” ujar Ronald Walla, Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk.

Kategori Makanan & Minuman Mendominasi Kompetisi

Sejak awal dibukanya pendaftaran pada 8 Juni 2022 hingga ditutup pada 19 September 2022, secara total DSC meraih 23.657 pendaftar. Dalam gelaran DSC beberapa tahun ke belakang, kategori bisnis Makanan & Minuman (F&B) terus mendominasi. Bahkan di tahun ini, DSC 2022 menerima lebih dari 40% bisnis F&B, yang berarti bahwa kategori bisnis ini masih menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

“Di 2022, DSC menyaksikan banyak produk F&B yang inovatif serta kreatif. Terbukti dari 8 finalis DSC 2022, tidak kurang dari 5 finalis merupakan kategori bisnis F&B, baik dalam kemasan maupun format restoran. Tidak hanya dari sisi inovasi dan kreativitas, beberapa produk para challengers tahun ini juga membawa solusi akan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Manfaat inilah yang ingin terus kami hadirkan melalui DSC, melalui kiprah para challengers tiap tahunnya,” ungkap Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisoner sekaligus Founding Father DSC.

Penghargaan Best of the Best DSC 2022 juga jatuh pada kategori bisnis F&B, yaitu OTERRA yang dibesut oleh Ria Ellysa. OTERRA merupakan produk Ready-to-Drink Meal atau minuman pengganti makanan yang berbahan dasar superfood nabati ramah lingkungan. OTERRA hadir sebagai solusi nutrisi cepat dan mudah, yang dapat dikonsumsi setiap hari, bahkan dapat dikonsumsi sebagai detoksifikasi untuk beberapa masalah pencernaan.

Menurut Coach DSC 2022, Andanu Prasetyo yang juga CEO MAKA Group dan Founder Toko Kopi Tuku, banyak pengusaha baru yang memulai debut bisnisnya lewat kategori F&B mungkin dikarenakan secara model bisnis lebih mudah membayangkan proses end-to-end-nya.

“Karena kemudahan ini, persaingan di dunia F&B pun akan terus menantang. Namun, yakinlah dengan semakin banyaknya pemain, akan semakin besar pula market size bisnis ini. Maka dari itu, temukan diferensiasi produk. Bangun brand dan narasi yang kuat. Jangan takut mencari peluang dari bisnis F&B”.

“Untuk dapat bertahan di skena pasar bisnis F&B yang sangat saturated ini, tentunya OTERRA harus melakukan pengembangan di banyak sisi bisnis, terutama dalam membangun brand awareness dan message yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Maka dari itu, OTERRA sangat bersyukur bisa bergabung dalam DSC di mana banyak hal baru dan krusial telah kami pelajari untuk pengembangan bisnis ke depannya”, tutur Ria Ellysa, CEO & Co-founder OTERRA.

Lebih jauh lagi mengenai motivasi mengikuti DSC 2022 dan rencana bisnis ke depan setelah mendapatkan hibah modal usaha, Ria, begitu ia disapa, mengungkapkan kebanggaannya. “Hibah modal usaha yang didapatkan akan kami manfaatkan untuk penguatan brand awareness, membangun komunitas, dan pengembangan research & development produk-produk baru,” pungkas Ria.

Soal keberlanjutan program ini, Program Initiator DSC Edric Chandra mengungkapkan, “Pastinya DSC 2023 akan segera menyapa. Kita akan terus konsisten untuk hadir, berkomitmen untuk menjadi ekosistem bagi wirausahawan Indonesia. Tahun 2023 akan menjadi DSC yang spesial, karena bersama kita dapat menghadirkan hal positif di tengah ketidakpastian ekonomi global yang diprediksi akan menjadi tantangan Indonesia. Sampai bertemu di DSC selanjutnya!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.