Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Dulang Sukses Pemasaran Instagram? Ini Strateginya

InstagramInstagram layaknya sebuah ruko di area yang strategis, memberikan peluang besar bagi pemasar untuk menjual produknya lebih banyak dari ruko lainnya. Aplikasi photo-sharing ini sangat baik untuk membangun keterlibatan dan pengenalan merek kepada khalayak.

Hasil studi Forrester Research menunjukkan bahwa kepopuleran Instagram sebagai platform pemasaran melebihi kepopuleran Facebook. Forbes bahkan menggambarkan Instagram sebagai perangkat penjualan yang sangat kuat. Tak heran jika pengguna Instagram kian bertambah setiap tahun, terutama pengguna yang menampilkan merek produk atau layanannya.

Tapi, bagaimana ya memasarkan produk di Instagram secara efektif? Simak caranya berikut ini.

Buat profil Instagram yang jelas. Penting bagi merek untuk mengoptimalkan profil Instagramnya dengan jelas agar audiens bisa langsung mengenali bisnis apa yang ditawarkan. Tapi, bukan berarti bisnis harus mem-posting foto-foto produknya. Profil Starbucks misalnya, kopi bukan menjadi ‘pemain utama’ dalam foto-fotonya, justru logo mermaid-lah yang paling ditonjolkan.

Buat deksripsi foto yang menarik. Pastikan foto tampil dengan deskripsi yang menarik. Tulis sesuatu yang bisa memancing keterlibatan, tetapi juga mewakili dan menggambarkan pesan merek kita. Cantumkan pula link jika diperlukan. Pastikan penulisan link mempermudah pengguna untuk meng-copy paste-nya.

Gunakan tagar. Ada dua fungsi tagar untuk foto Instagram kita, yaitu untuk keterlibatan dan visibilitas. Tagar berfungsi untuk mengumpulkan semua foto-foto Instagram yang terkait merek kita. Kita juga bisa mencantumkan tagar terkait industri atau tren lain sehingga memungkinkan para follower mereka melihat foto-foto kita.

Berinteraksi dengan para follower. Pastikan kita merespon para follower. Pastikan kita berinteraksi dengan cara yang manusiawi, tidak menggunakan robot. Memberikan ‘like’ untuk 1.000 foto secara acak kurang efektif daripada berinteraksi dengan 20 foto yang diambil oleh target pasar kita.

Integrasikan Instagram dengan akun sosial lainnya. Semakin banyak posting foto di berbagai media sosial, makin besar peluang jangkauan ke konsumen. Oleh karena itu, hubungkan pula Instagram dengan platform sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr.

Mitchell Harper, Co-founder dan CEO Bigcommerce mengatakan, “Semakin banyak foto-foto yang diambil dan dibagikan di Instagram, semakin besar peluang merek Anda dikenal, memperluas jangkauan, membangun hubungan dengan pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan.”

Nah, bagaimana strategi merek Anda di Instagram?

(Businessdaily)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top