Dunia Games Telkomsel Gelar DG Con 2022, Festival Games Terbesar di Indonesia  

0
73
Dunia games Telkomsel gelar DG Con 2022

Dunia games Telkomsel gelar DG Con 2022DG Con 2022 menghadirkan berbagai keseruan mulai dari seminar interaktif (DG Fest), malam penghargaan (DG Awards) hingga turnamen games Free Fire melalui Dunia Games League (DGL) 2022 dengan hadiah Rp530 miliar.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Indonesia merupakan negara dengan jumlah pemain video game terbanyak ketiga di dunia dengan persentase sebesar 94%, menurut laporan We Are Social pada Januari 2022.

Sementara itu, menurut riset terbaru Newzoo, mobile game menguasai pangsa pasar 52% industri game dunia, dimana mobile game mendatangkan pendapatan 93,2 miliar dollar AS (Rp1.340 triliun) pada tahun 2021. Jumlah itu naik 7,3% dibanding 2020.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, industri game memang sangat berkembang. Di dunia ini ada sekitar 3 miliar orang yang bermain game, setengahnya berada di Asia. Data Kominfo menyebutkan, ada 170 juta orang Indonesia yang bermain game. Dan, di industri eSport ada 50 juta orang.

“Kami melihat ini sebagai peluang dan kami ingin membangun industri ini menjadi lebih baik. Salah satunya dengan membangun platform Dunia Games. Kami benar-benar ingin berkontribusi terhadap industri gaming,” ujar Nirman kepada Media saat Press Conference DG Con 2022 di Basket Hall Senayan, Jumat (28/10).

Untuk memperkuat ekosistem dan industri gaming serta eSport di Indonesia, Telkomsel menggelar Dunia Games Con (DG Con) dengan konsep hybrid. Dengan konsep ini pengunjung dapat menikmati keseruan rangkaian DG Con 2022 melalui platform DG Verse yang mengusung teknologi virtual world dengan 3D metaverse. DG Verse dapat diakses di dgcon.duniagames.co.id.

Menurut, Nirwan, pemain game di Indonesia itu sangat banyak. Di Telkomsel saja ada 70 juta orang yang bermain game. Event ini merupakan bentuk perhatian Telkomsel terhadap anak muda agar dapat berkontribusi positif.

Kegiatan ini merupakan gabungan dari kesuksesan dua kegiatan sebelumnya, yakni DG Fest dan DG Award, yang mana pada penghujung tahun lalu mencapai 1,7 juta visitor di metaverse serta turnamen tahunan Dunia Games League, dengan 10 juta penonton di tahun sebelumnya.

“Melalui Dunia Games, kami akan terus membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pegiat dan pelaku industri gaming dan eSports agar semakin meningkatkan kapabilitas secara lebih profesional, sehingga mampu menjadi yang terdepan di kancah global,” ujarnya.

Rangkaian acara utama DG Con 2022 digelar secara offline pada 28-30 Oktober 2022 di Basket Hall Senayan Jakarta. Pengunjung dapat menikmati berbagai keseruan secara langsung seperti seminar interaktif yang menampilkan lebih dari 50 narasumber dari para ahli, pegiat, dan para profesional, dengan pembahasan sejumlah topik menarik mengenai industri gaming dan eSports di Indonesia.

DC Con 2022 juga menggelar malam penghargaan bagi insan gaming yang telah berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekosistem dan industri games & esports di Indonesia. Sejumlah kategori yang akan diumumkan antara lain Male & Female Esports Player of The Year, Esports Team of The Year, Game Publisher of The Year, Esports Coach of The Year, dan berbagai kategori unggulan lainnya.

Selain itu, juga akan diumumkan insan penerima penghargaan Top Lifetime Achievement 2022. Puncaknya, Dunia Games Telkomsel akan menggelar Grand Final Dunia Games League (DGL) 2022 untuk memperebutkan hadiah Rp530 miliar.

Guna menambah keseruan, para pengunjung dapat menikmati Games Exhibition Area yang menampilkan showcase produk dari sejumlah publisher gaming, esports team, hiburan mini games, hingga penyedia konsol/perangkat gaming. Pengunjung juga akan dimanjakan oleh penampilan dari sejumlah artis dan band ternama, seperti Feel Koplo, Kaiju Bop, Maliq & D’Essential, hingga Nidji dan JKT48.

Nirwan meyakini bahwa industri eSport bukan hanya game, hal yang berkaitan dengan game juga hidup di dalamnya seperti film, Caster, dan lainnya. Artinya, industri ini terus berkembang luas. Telkomsel dengan 170 juta pelanggan ingin mengambil peran. Semua yang berkaitan dengan ekosistem ini ekonominya juga harus terangkat. Jangan sampai hanya menjadi pasar. Kalau Telkomsel bisa berhasil tentunya ini akan berdampak positif terhadap bangsa.

“Event ini bukan hanya untuk penggemar eSport, Telkomsel juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa produk digital Telkomsel sangat lengkap untuk menunjang lifestyle pelanggan,” terang Nirwan.

Nirwan berharap, gelaran DG Con 2022 dapat terus menjadi wadah bagi seluruh penikmat, pegiat dan pelaku industri gaming dan esports untuk terus saling terhubung dan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Telkomsel meyakini, Indonesia memiliki lebih banyak potensi talenta di industri gaming dan esports, baik itu sebagai gamer maupun developer hingga publisher yang berdaya saing tinggi, sehingga dapat saling memperkuat ekosistem gaming dan esports yang lebih inklusif dan berkelanjutan, yang akan semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa mendatang.

“Dua tahun terakhir antusiasmenya sangat tinggi, jumlah partner juga bertambah. Tahun depan kami akan membawa peran serta yang lebih banyak lagi, baik game yang dipertandingkan maupun partner. Saat ini baru Free Fire,” pungkas Nirwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.