Eksplorasi Peluang untuk Optimisasi Kampanye Akuisisi Pengguna Mobile OEM

0
13
iklan dan promo
Robert Wildner CEO AVOW
Robert Wildner CEO AVOW

Marketing.co.id – Berita Marketing | Inventaris mobile OEM meningkat dengan pertumbuhan dari tahun-ke-tahun sebesar 3,8% dan pengiriman diharapkan mencapai 1,43 miliar pada akhir tahun 2022. Dalam hal ini, Produsen Peralatan Asli (OEM) smartphone seperti Oppo (Realme dan OnePlus), Vivo, Samsung, HUAWEI, dan Xiaomi menguasai 52% pangsa pasar pada Q1 2022.

Trafik yang dihasilkan oleh mobile OEM memberikan keunggulan bagi pemasar seluler saat meningkatkan skala, selama smartphone masih mendominasi industri telekomunikasi. Oleh karena itu, mobile OEM telah terbukti menjadi alternatif terbaik untuk bauran pemasaran pemasar seluler sebagai channel akuisisi pengguna.

Saat pengiklan seluler tidak langsung memperoleh hasil yang diharapkan dari kampanye, mereka mungkin akan tergoda untuk segera menghentikan kampanye sementara waktu. Akan tetapi, langkah ini tidak akan efektif apabila dilakukan tanpa mengevaluasi cara untuk mengoptimalkan kampanye agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan meningkatkan keterlibatan, pemasar seluler dapat mempertimbangkan tiga tahap berikut untuk mengoptimalkan kampanye iklan akuisisi pengguna (UA):

Mengoptimalkan penempatan iklan: Berbagai jenis penempatan iklan akan memberikan kualitas yang beragam. Pengiklan perlu mengevaluasi jenis penempatan yang menarik pengguna berkualitas dibandingkan dengan yang lainnya dan menaikkan bid agar dapat memperoleh lebih banyak trafik. Selain itu, sebagian penempatan iklan meningkatkan volume tetapi bukan kualitas – penempatan tersebut dapat dioptimalkan dengan dua cara:

  • Pengiklan dapat memilih untuk menghentikan seluruh penempatan iklan untuk sementara waktu dan kehilangan semua trafik yang berasal dari inventaris mobile OEM.
  • Atau, mereka perlu menghitung Laba Atas Belanja Iklan (ROAS) untuk penempatan iklan tertentu agar mereka dapat menurunkan bid dan tetap mendapatkan hasil positif untuk ROAS tersebut dan pada saat yang sama, mempertahankan volume.

Optimisasi materi iklan: Saat pengiklan seluler membeli media, mereka perlu memastikan bahwa mereka tidak membuat pengguna jenuh dengan iklan – jika pengguna melihat iklan yang sama beberapa kali, mereka pada akhirnya akan berhenti menanggapi iklan tersebut. Oleh karena itu, pengiklan harus secara terus-menerus menukar materi iklan brand mereka yang secara visual menarik, agar pelibatan iklan tetap konstan karena pengguna akan melihat sesuatu yang baru setiap kali iklan ditampilkan. Pelibatan iklan yang tinggi akan diikuti oleh tingkat konversi dan Biaya Per Instalasi Efektif (ECPI) yang lebih baik untuk pengiklan.

Optimisasi penargetan: Beberapa app store juga menawarkan penargetan appographic yang membantu pengiklan aplikasi mempromosikan aplikasi mereka kepada pengguna baru berdasarkan minat masing-masing. Pengiklan dapat menargetkan lebih dari 200 segmen appographic  berdasarkan minat dan memanfaatkan wawasan audience di luar kategori dan kepemilikan dan memastikan bahwa privasi pengguna tetap dijaga.

Optimisasi pemasaran aplikasi dapat menjadi tantangan, tetapi pemasar seluler dapat mengatasi situasi tersebut dengan:

  • Bereksperimen dengan harga: Pertama, pemasar seluler perlu mengevaluasi harga berdasarkan kualitas. Mereka sebaiknya tidak mengeliminasi seluruh ekosistem mobile OEM karena kualitas. Mereka harus berhati-hati karena discoverability aplikasi akan berkurang jika mereka menghentikan kampanye untuk sementara waktu di mobile OEM tertentu. Oleh karena itu, mereka dapat memilih untuk menegosiasikan kesepakatan harga berdasarkan kualitas.
  • Mengukur kinerja mobile OEM: Setiap mobile OEM menawarkan penempatan iklan dan inventaris yang beragam. Oleh karena itu, aplikasi dapat diluncurkan di app store masing-masing dengan maturity level yang bervariasi. Analisis untuk menentukan opsi yang paling sesuai menjadi kunci untuk menempatkan dan memenangkan bid untuk mengiklankan kampanye akuisisi pengguna.
  • Pilih salah satu mitra agensi: Pemasar seluler sering kali melakukan kanibalisasi saat memasukkan bid untuk beberapa inventaris dari mitra agensi. Mereka membutuhkan agensi yang menjadi satu-satunya sumber kebenaran, dengan spesialisasi dalam inventaris mobile OEM, dan memiliki kerja sama eksklusif atau resmi dengan mobile OEM tersebut. Mereka membutuhkan informasi tentang cara menangani masing-masing platform sejak peluncuran hingga menjalankan kampanye akuisisi pengguna dan optimisasi.

Artikel ini ditulis dan dikirim oleh Robert Wildner CEO AVOW

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.