Ekspresi Jurnalisme Kreatif Dalam Seni Mural di Anjungan ‘City of Makassar’

Marketing – Karya yang baik mampu melampaui batas-batas yang ada. Misalnya karya ilustrasi, tak berarti nasibnya hanya tersimpan pada lembaran buku gambar. Begitu pula tulisan, bisa jadi lebih berbunyi jika dikawinkan dengan visual berupa foto, bahkan video. Persilangan lintas bidang ini begitu memungkinkan untuk dilakukan, kini. Ditambah, karya kolaborasi tersebut akan jauh lebih bermakna jika memiliki nilai-nilai jurnalisme.

City of Makassar

Sebanyak enam ilustrator dan seniman mural dari berbagai daerah berkolaborasi menggambar di Anjungan “City of Makassar”, Losari. Keenam ilustrator ini merupakan jebolan Narasi Content Creator Workshop di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Pontianak. Mereka adalah Frans Sitanggang, Laras Ayu Sahita, M. Fithrah, Indra Kurniawan, Hafidz Aziz, dan Chimankorus.

Para seniman mural dari Makassar yang tergabung dalam kelompok Ritus Teamwork akan memindahkan ilustrasi enam ilustrator tersebut ke 14 huruf yang membentuk kata “City of Makassar” berukuran total 48 meter persegi. Tiap hurufnya memiliki desain berbeda namun punya pesan yang sama, yakni “Bergerak menyuarakan karya yang positif dan berdampak”.

Mereka memulai kegiatan mural dari hari Jumat 21 September hingga Minggu, 22 September 2019. Gerakan ini menjadi titik lebur ide, ekspresi dan kreativitas para kreator yang dikumpulkan Narasi. Mural di anjungan City of Makassar diresmikan langsung oleh Pj Walikota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb pada Minggu (22/9). Prosesi peresmian ini juga dihadiri oleh Dahlia Citra Buana (Chief Creative Officer Narasi), Geri Azriel Siddik (Country Manager, Strategic Partnerships Youtube Indonesia) serta Ashari Ramadhan (Koordinator Makassar Creative Community Network).

Makassar Menjadi Kota Terakhir Rangkaian Content Creator Workshop di 2019

Lanskap media dan penonton berubah dan berevolusi karena revolusi teknologi. Cara kita mengonsumi berita dan

City of Makassar

informasi berubah. Tidak lagi satu arah tapi dua arah. Di masa ini amatlah penting untuk seorang kreator menguasai cara bertutur yang tepat dan relevan di setiap medium dan platform untuk merangkul audiens yang berbeda-beda sehingga bisa terus relevan. Misi Narasi yakni ingin membentuk generasi baru, yang dibesarkan dengan tayangan yang baik, sekaligus mampu menciptakan konten bermutu. Namun Narasi sadar butuh kolaborasi dengan siapapun yang punya nilai sama untuk mewujudkan mimpi besar menciptakan konten baik.

Najwa Shihab, Jurnalis & Founder Narasi menuturkan, “Pada akhir 2018 lalu, Narasi terpilih untuk menerima dana inovasi Google News Initiative (GNI) yang membantu mengembangkan dan mengeksplorasi format baru jurnalisme video. Sampai September ini, Narasi telah berhasil menggelar rangkaian workshop di 10 kota di Indonesia. Dimulai dari Jakarta, Surabaya, Padang, Bandung, Sorong, Yogyakarta, Medan, Banda Aceh, Pontianak dan Makassar.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.