Elizabeth, Merek Lokal yang Tak Gentar Bersaing dengan Brand Luar!

Di tengah persaingan ketat, Elizabeth berhasil menyingkirkan pesaingnya dan menjadi merek Top Indonesia (Photo: Asep Toni K/Majalah Marketing)
Di tengah persaingan ketat, Elizabeth berhasil menyingkirkan pesaingnya dan menjadi merek Top Indonesia (Photo: Asep Toni K/Majalah Marketing)

Di tengah persaingan ketat, Elizabeth berhasil menyingkirkan pesaingnya dan menjadi merek Top Indonesia, seperti apa strategi bersaingnya?

Saat ini persaingan bisnis sangat ketat. Hal itu mengharuskan perusahaan untuk terus berinovasi. Jika tidak, perusahaan akan berada di ambang kehancuran/krisis.  (Baca: Inovasi Perubahan).

Hal itu disadari betul oleh Elizabeth – penyedia produk fashion. “Kami terus melakukan inovasi dalam banyak hal,” terang  Dedeh Mulyati, Store Manager Elizabeth Ciwalk.

Perusahaan yang berdiri sejak 1961 ini terus berinovasi dalam berbagai bidang. Misalnya inovasi dalam  teknik produksi  yaitu dengan menggunakan mesin terbaru untuk potong dan jahit bahan serta proses produksi yang lebih modern (komputerisasi).

Tidak hanya itu, inovasi juga dilakukan Elizabeth dalam hal pelayanan yaitu dengan menerapkan service excellent, mengadakan pelatihan-pelatihan bagi semua karyawan di semua divisi, serta inovasi dalam hal pemasaran: menerapkan e-marketing (penjualan online).

E-marketing saat ini sangatlah penting. Memasuki era modernisasi ini, terjadi perubahan perilaku konsumen saat berbelanja. Konsumen semakin liberal dalam menyukai kebebasan berbelanja berbagai barang kebutuhan dalam satu wadah.

Fenomena inilah yang melejitkan retailer online seperti Zalora yang sukses menarik trafik tinggi dari masyarakat. (Baca: Strategi Pemasaran Ritel Secara Online)

Kesuksesan strategi pemasaran online retailer di era digital ini tak lepas dari kolaborasi konsep marketing modern dan tradisional.

Bagi Dedeh, kegiatan marketing sangatlah penting. Pasalnya, marketing menentukan pertumbuhan sebuah bisnis. Jika marketing lancar maka penjualan, produksi dan laba akan meningkat. Dengan begitu, perusahaan bisa tumbuh dan melakukan investasi.

Elizabeth melakukan beberapa strategi – produk, harga, promosi dan tempat – agar tetap unggul dalam persaingan:

Produk

Agar tidak tertinggal dan tetap unggul dalam persaingan, Elizabeth terus meningkatkan kualitas produk, selalu mengikuti tren mode, dan terus mengeluarkan produk baru.

Harga

Meskipun kualitas produk terus ditingkatkan, Elizabeth tetap menjaga harga agar tetap terjangkau. (Baca: Sulit Menentukan Harga, Ini Kiatnya)

Promosi

Ke depan promosi akan gencar dilakukan Elizabeth di berbagai media – cetak, audio dan social media. Hal itu dilakukan agar masyarakat terus ingat brand Elizabeth.

Tempat

Tempat menjadi hal yang penting. Saat ini Elizabeth memiliki 61 gerai di seluruh Indonesia. Dalam 10 tahun ke depan, Elizabeth menargetkan 100 gerai di seluruh Indonesia.

Inovasi-inovasi yang dilakukan Elizabeth berbuah manis. Brand Elizabeth berhasil meraih Top Brand Award 2013 dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group.

Tentunya, menjadi merek top Indonesia di kategorinya diraih Elizabeth dengan tidak mudah dan  perusahaan tidak akan begitu saja menyerahkannya kepada pesaing.

Untuk mempertahankannya, Elizabeth akan menerapkan strategi keunggulan bersaing, selalu meluncurkan produk baru, promosi yang lebih gencar, harga lebih terjangkau, memperluas jaringan, dan tentu saja kualitas service yang lebih tinggi. (CS)

Editor: Wahid FZ | Photo: Asep Toni K 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.