Empat Kunci Sukses Strategi Mobile

marketing.co.id- Tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar lalu lintas internet saat ini berasal dari ponsel. Sayangnya, meskipun sebagian besar eksekutif mengatakan bahwa multi-channel e-commerce dan aplikasi mobile merupakan bagian penting dari strategi penjualan mereka, banyak dari mereka tidak menyadari betapa pentingnya sebuah strategi yang tepat.

Menurut Bob Egnor dalam artikelnya di Gigaom mengatakan  bahwa menganalisa pengguna sama pentingnya dengan memahami teknologi.

Nah, sebelum menerapkan strategi mobile Anda, berikut beberapa hal yang layak Anda pertimbangkan.

Memahami perjalanan pengunjung.

Sangat penting untuk mengetahui kapan dan mengapa seseorang akan mengunjungi situs perusahaan Anda dari perangkat mobile. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda memberikan informasi yang tepat untuk mereka.

Apakah mereka menggunakan situs Anda untuk penelitian? Apakah mereka mengunjungi situs untuk membeli sesuatu? Apakah mereka menggunakan situs mobile dan untuk koneksi sosial? Untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan Google Analytics.

Periksa Asumsi

Banyak pemasar yang ingin mengambil jalan pintas ketika belajar tentang perilaku pelanggan mereka, padahal Anda perlu dan harus mengetahuinya langsung dari pengunjung Anda.

Anda bisa melakukannya dengan membuat wawancara atau mengumpulkan analisis melalui pengujian A/B pada prototipe desain, memvalidasi perilaku konsumen dapat membuat semua perbedaan konversi untuk aplikasi mobile.

Memahami pengalaman seperti apa yang sedang dicari pengguna Anda.

Jika penelitian menunjukkan bahwa Anda perlu menawarkan sesuatu yang lebih canggih dari sekedar halaman Web mobile sederhana, mungkin Anda perlu memahami manfaat dari aplikasi mobile.

Namun, keputusan Anda tidak sampai  di situ. Anda perlu memutuskan apakah pengalaman pengguna Anda memerlukan sebuah aplikasi mobile web, atau aplikasi asli yang lebih canggih. Tergantung pada bagaimana kompleksitas interaksi pengguna.

Memahami analisis di balik aplikasi Anda

Banyak bisnis yang menggunakan aplikasi mobile yang tidak ada analisisnya. Padahal mengetahui bagaimana aplikasi Anda digunakan sangat penting untuk meningkatkan konversi.

Misalnya, sebuah perusahaan media mengalami peningkatan lalu lintas dari tablet. Yang diperlukan mereka adalah format yang berbeda untuk surat kabar dan artikel majalah. Dengan pengetahuan ini, pemasar kembali ke pekerjaannya dan memastikan perusahaan itu memenuhi kebutuhan pengunjunganya yang paling umum.

Namun, jika Anda baru merencanankannya, ada beberapa poin yang perlu Anda ingat:

  • Pastikan pengguna Anda dapat mengakses semua saluran dengan bebas. Jika mereka mengakses dengan desktop, pastikan mereka menggunakan log-in yang sama di situs mobile Anda.
  • Sosialisasikan aplikasi Anda dan pastikan pengguna dapat berbagi konten dengan teman-teman mereka. Akhirnya, ingat bahwa personalisasi membuat perbedaan dalam tingkat konversi.

Menggunakan analisis dan penelitian untuk memahami pelanggan dan pengunjung  Anda sebelum Anda mengembangkan teknologi tersebut sangat penting agar strategi mobile Anda sukses.

Sumber: Gigaom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.