Esports: Perkembangan Ekosistem dan Komunitasnya

Komunitas dan perannya dalam perkembangan industri esports

0
109

Peran Penting Komunitas dalam Perkembangan Industri eSportsMarketing.co.id – Berita Lifestyle | UniPin Community kembali menyelenggarakan webinar untuk mengedukasi  mahasiswa hingga masyarakat umum mengenai seluk beluk industri esports. Kali ini, topik yang diusung  adalah “Esports: Perkembangan Ekosistem dan Komunitasnya”.

Dilakukan secara daring melalui Zoom,  Rabu (25/5), webinar ini menghadirkan pembicara Fransiskus, Community Manager PUBGM dan Ahmad “Senz”  Syahndy, CEO RevivaLTV. Keduanya berbagi pandangan mengenai eSports sesuai dengan  ranah profesi dan lingkup komunitas mereka.

Dalam kesempatan tersebut Senz memaparkan keterkaitan antara kehadiran komunitas dengan ekosistem  eSports. Menurutnya, komunitas adalah nyawa dari ekosistem esports. Tanpa komunitas, eSports bukan apa-apa karena komunitas lah yang jadi penggerak dari ekosistem  eSports itu sendiri.

“Saya juga sangat percaya bahwa komunitas bisa membuat anggotanya saling belajar  dan berkembang, tentunya dalam visi misi yang sama dalam komunitas tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Frans menjelaskan keterkaitan antara komunitas dengan ekosistem eSports dari sudut  pandangnya. Menurutnya, kemajuan teknologi membuat pengembangan komunitas dan ekosistem  eSports menjadi lebih mudah dan cepat. eSports berkembang karena ketertarikan dan minat yang tinggi dari para pecinta games.

“Semua diberi  kemudahan dengan kemajuan teknologi, apalagi sejak hadirnya mobile games. Selain itu, pengembangan  ekosistem dan komunitas saat ini dipermudah karena bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya  melalui webinar dan coaching clinic yang rutin diadakan UniPin Community,” katanya.

Lebih jauh, Senz menyebutkan bahwa kemajuan komunitas sering kali terhambat karena ketidakjelasan peran  anggota dalam komunitas.

“Kesalahan utama yang sering terjadi di komunitas adalah tidak adanya jabatan struktural dan pemimpin  yang jelas dalam komunitas tersebut. Jabatan struktural dan kepemimpinan menjadi penting karena  sebuah komunitas harus memiliki visi misi yang jelas, dipimpin oleh seorang leader,” ungkap Senz.

Menanggapi hal yang sama, Frans menyebutkan bahwa penting bagi anggota sebuah komunitas untuk  paham perannya masing-masing.

“Dalam sebuah komunitas juga harus ada yang menjadi penggerak dalam mencari informasi tentang  turnamen. Namun, tujuan komunitas tentunya tidak harus selalu kompetisi, tetapi juga menjadi wadah  yang fun untuk keberlangsungan komunitas dan perkembangan ekosistem esports,” pungkas Frans.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.