Evaluasi Pengalaman Pelanggan Anda

0
3393
tren customer experience

 

the-Customer-Experience-is

Bila Anda meluangkan waktu untuk mengevaluasi pengalaman pelanggan, Anda akan selalu dapat meningkatkan proses bisnis serta menemukan cara untuk menangkap, membangun dan mengkomunikasikan pengalaman tersebut kepada orang lain. Ini adalah kunci untuk melayani klien secara efektif.

Jika Anda terbuka terhadap masukan dari pelanggan, Anda akan melihat perusahaan dalam perspektif baru. Dengan demikian Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan tersebut jika diperlukan.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengevaluasi pengalaman pelanggan Anda:

  • Tanyakan kepada pelanggan, dari mana mereka tahu perusahaan Anda. Anda akan menerima segala macam jawaban seperti: pameran dagang, media sosial, pencarian internet, referensi.
  • Mencari umpan balik. Tanyakan kepada orang-orang apa yang mereka suka dan tidak dari produk dan jasa Anda. Tindak lanjuti dengan baik dengan mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk memberikan umpan balik.
  • Berbicara dengan pelanggan. Mintalah masukan dari mereka terkait proyek-proyek masa depan. Apa yang ingin mereka lihat dalam sebuah aplikasi iPhone, misalnya. Jika Anda harus menambahkan produk atau jasa baru, kira-kira seperti apakah itu.

Metode untuk menjaga infomasi

Apakah orang-orang ingin menerima informasi perusahaan Anda melalui surat, email, website, pameran dagang, atau media sosial? Ini menunjukkan bahwa klien Anda ingin tetap berhubungan dengan Anda.

Ada banyak cara untuk mengevaluasi layanan pelanggan. Item yang disebutkan di atas melibatkan interaksi dengan klien. Juga pertimbangkan bekerja dengan karyawan Anda dan meminta mereka mengevaluasi pengalaman mereka.

Misalnya apakah setiap departemen membuka diri dan menunjukkan pada orang lain apa yang dilakukan departemen mereka secara teratur. Atau, cobalah memesan produk atau layanan sendiri (menyamar).

Intinya adalah semakin dekat Anda dengan pengalaman pelanggan, semakin besar kemungkinan untuk mampu beradaptasi, mengubah dan akhirnya meningkatkan pengalaman itu sendiri.

Editor: Wahid FZ | Sumber: SocialMedia Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.