Extramarks Luncurkan Solusi Belajar Digital

0
1189
Solusi Belajar Digital 3600 Extramarks Indonesia

Sejalan dengan inisiatif Making Indonesia 4.0 yang digalakkan pemerintah, Extramarks Indonesia, perusahaan dibidang pendidikan digital atau education technology meluncurkan platform belajar digital. Solusi belajar secara digital tersebut telah disesuaikan dengan karakter siswa dengan pendekatan “Learn, Practice and Test”.

Solusi Belajar Digital 3600 Extramarks Indonesia
(kiri-kanan)  Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Indonesia – Donna Agnesia, Perwakilan Orang Tua Siswa – Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

“Kami hadir untuk turut serta dalam upaya pemerintah mewujudkan tenaga kerja yang andal di era Revolusi 4.0. Kami yakin, untuk mencetak tenaga kerja yang siap pakai itu tidak dapat dilakukan seperti membalikan tangan, perlu sebuah proses yang cukup panjang dari umur sedini mungkin.Dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” jelas  Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Indonesia saat peluncuran Solusi Belajar Digital 3600 Extramarks Indonesia di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta (18/07).

Lebih jauh dia mengatakan, sesuai riset di berbagai belahan dunia, setiap pelajar memiliki karakter berbeda. “Ada yang memiliki kelebihan secara audio visual, kinetik, dan detil dalam menerima pelajaran,” tandasnya.

Dia menegaskan, Solusi Belajar Digital 3600  dapat diakses melalui desktop atau laptop (web based) dan smartphone melalui aplikasi (apps based). Solusi belajar ini juga bisa diakses melalui perangkat  terkoneksi internet (online) atau tidak terkoneksi internet (offline). Kelebihan solusi ini, para guru dan orang tua murid bisa memantau proses perkembangan belajar anak-anak.”Tapi solusi ini bukan dimaksudkan sebagai pengganti peran guru, anak-anak tetap membutuhkan peran guru, terutama menyangkut pendidikan karakter dan budi pekerti,” tegas dia.

Untuk sekolah, Solusi Belajar Digital 3600  mencakup Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Manajemen Pembelajaran, dan Solusi Pembelajaran Digital untuk digunakan di ruang kelas. Sekolah akan terhubung ke aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk melacak, memantau dan mengevaluasi perkembangan anak-anaknya hanya dalam satu klik saja. Informasi dari sekolah tersebut dapat diterima oleh orang tua dalam bentuk informasi, notifikasi, dan hasil harian. Untuk siswa, aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar sekolah.

Konten-konten pembelajaran yang tercakup dalam Extramarks Learning Solution ini sudah berbasis teknologi digital dan menyesuaikan dengan karakter siswa, yakni V.A.K atau visual, audio, dan kinesthetic. Itu sebabnya, setiap elemen dalam konten pembelajaran tersebut dilengkapi dengan teks, gambar ataupun video. Peserta didik pun dapat menyentuh model, memperbesar atau memutarnya untuk tampilan yang sempurna. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang elemen tertentu, siswa dapat memperolehnya hanya dengan mengkliknya.

Konten yang digunakan juga sudah disesuaikan dengan kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dan, tentu saja, sudah menggunakan Bahasa Indonesia. “Harapannya, para siswa bisa melalui proses belajar dengan senang karena konten yang digunakan sesuai dengan karakternya. Jadi diharapkan, proses belajar menjadi lebih menarik, mudah, dan menyenangkan yang akhirnya bisa meningkatkan nilai pada saat ujian,” ujar Uffie.

Dalam peluncuran perdana ini, Extramarks Indonesia menggandeng Advan sebagai penyedia perangkat. Tjandra Lianto, Marketing Director Advan menyambut baik kerjasama dengan Extramarks.  Kerjasama ini dilatarbelakangi kesamaan visi dan misi dalam mendukung kualitas pendidikan di Indonesia agar nantinya siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. “Konsumen yang membeli tablet Advan 10 inci sudah dilengkapi dengan Solusi Belajar dari Extramarks,” tutur Tjandra.

 

Tony Burhanudin

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.