Facebook Baru, Lebih Sederhana Atau Malah Rumit?

0
709

Marketing.co.id – Coba Anda perhatikan tampilan Facebook yang baru. Kata “Facebook” tidak akan ada lagi, hanya akan ada satu huruf kecil ”f” berwarna biru dan putih.

Hal ini mengindikasikan dua hal. Pertama, Facebook sangat terkenal, ia tidak perlu lagi memakai nama secara penuh. Kedua, perusahaan tersebut memiliki keyakinan baru: membuat desain sebersih mungkin. Menghapus semua piksel yang tidak perlu.

“Kami ingin menghilangkan semua chrome dari Facebook,” kata Chris Struhar, software engineer seperti dilansir Mashable.com.

Struhar mengibaratkan chrome sebagai mobil Facebook: detail, kerangka, ruang yang sangat bagus.

Tentunya jika Anda memperhatikan detail dari kejadian-kejadian yang diunggah ke News Feed , Anda akan melihat sebuah paradoks di sini. Facebook menjadi lebih sederhana sekaligus juga lebih rumit pada saat yang bersamaan.

Alih-alih memilih dua opsi untuk mengurutkan News Feed – “Top Stories” dan “Most Recent” – kini, Facebook menawarkan tujuh pilihan yang semakin membingungkan.

Anda mendapatkan news feed regular lama (setara dengan Top Stories, diurutkan oleh algoritma Facebook), “All Friends” (diawali oleh foto dengan pilihan teman-teman di dalamnya), “Following” untuk laman dan tokoh publik yang Anda ikuti, foto, group, game, musik, dan teman lama Anda “Most Recent”.

Bahkan Anda mendapatkan lebih dari itu. Klik pada “see all” dan Anda akan melihat news feed dengan lokasi Anda, hanya orang-orang yang Anda ikuti di tempat kerja, atau hanya orang-orang di kampus atau sekolah Anda, dan sebagainya.

Salah satu fitur yang patut diacungi jempol adalah beberapa teman yang mem-posting cerita yang sama, semuanya akan tampil secara bersamaan sekarang, wajah mereka akan muncul di samping kiri.

Facebook menjelaskan bahwa penyortiran teman-teman dilakukan berdasarkan mereka yang mem-posting sesuatu baru-baru ini. Jadi jika ingin wajah Anda muncul lebih lama di timeline teman, mungkin Anda ingin mem-posting berita panas sampai muncul berita yang lebih panas oleh orang lain lagi..

Hal lain yang bisa kita rasakan dari desain ulang ini adalah kemenangan format mobile. Facebook cukup jelas pada titik itu: desain mobile datang pertama kali, dan desain web mengikutinya.

Pengguna mobile tidak akan melihat begitu banyak perubahan, dan pengguna web mungkin heran dengan bar hitam di sisi kiri.

Dalam konfigurasi mobile dan tablet, Anda harus menariknya dari samping untuk mengungkap bar ini – yang memuat semua aplikasi dan semua orang yang chat dengan Anda.

Tapi di web, Anda tidak bisa menghilangkan bar hitam ini. Anda akan terus melihat aplikasi tersebut. Facebook berharap itu akan menyebabkan lebih banyak percakapan real-time di situs tersebut.

Menurut Anda bagaimana dengan perubahan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.