Facebook Fan Page, Langkah Pertama Untuk Mulai Merangkul Pelanggan

Sebelum Anda bisa mulai merangkul pelanggan Anda, Anda perlu membuat Facebook Fan Page terlebih dahulu. Mulai dengan laman ‘Create a Page’: https://www.facebook.com/pages/create.php dan ikut langkah sebagai berikut:

Pilih kategori Page

Ada 6 kategori yang tersedia yaitu: ‘Local Business or Place’ (bisnis lokal atau tempat), ‘Company, Organization or Institution’ (perusahaan, organisasi atau institusi), ‘Brand or Product’ (merek atau produk), ‘Artist-Band or Public Figure’ (artis, band atau figur publik), ‘Entertainment’ (hiburan) dan ‘Cause or Community’ (gerakan atau komunitas).

 

facebook

Pilih sub kategori dan masukkan informasi yang dibutuhkan.

Centang kotak yang ada di samping ‘I Agree to Facebook Pages Terms’ (Saya setuju dengan aturan yang ditetapkan Facebook Page) dan kilk ‘Get Started’ (Mulai dari sini)

 FACEBOOK2

 

Lanjutkan dengan instruksi sebagai berikut untuk menyelesaikan pengaturan Page

 

Dari sini, Anda bisa mulai membangun audiens Anda melalui langkah berikut ini:

Undang teman

Undang teman Anda untuk menyukai Page Anda menggunakan fitur ‘Invite Friends’.

 

invite friend

Kirimkan Email ke pelanggan setia

 

Kirimkan Email ke pelanggan setia Anda untuk memberitahukan soal Page Anda dan mengajak mereka untuk me-‘Like’ Page Anda agar bisa mendapatkan informs terkini tentang produk terbaru atau promo dari Anda di bagian News Feed Facebook mereka.

 

Customize Your Page Address

 

Untuk setiap akun atau Page, Facebook memberikan pilihan ‘username’ bagi pengguna untuk memudahkan orang untuk menemukan Page Anda. ‘Username’ atau alamat Page Anda memiliki format sebagai berikut: facebook.com/XXXX. Sehingga jika bisnis Anda adalah ‘Marketplus’ misalnya, maka ‘username’ yang dibuat bisa jadi seperti ini ‘facebook.com/Marketplus’. Untuk membuat ‘username’ yang cocok untuk bisnis Anda, Anda bisa klik pada link berikut: https://www.facebook.com/username/

 

 

url address

Anda bisa mengubah ‘username’ atau alamat Page sesuai dengan preferensi Anda dan menambahkan alamat Page Anda ke dalam kartu nama atau bahkan memasukkannya ke dalam iklan produk Anda sehingga bisa lebih mudah ditemukan orang.

 

Gunakan ‘Facebook Ads’ (Iklan Facebook)

 

Gunakan ‘Facebook Ads’ (iklan Facebook) untuk menargetkan dan menjangkau orang yang tertarik dengan Page Anda. Hanya dengan USD 5,- saja Anda sudah bisa mulai memasarkan produk Anda.

 

 (*)

 

Ketika Anda membuat posting pada Page Anda, Anda perlu memastikan bahwa konten yang di-posting menarik bagi fans Page Anda. Konten dengan daya tarik tinggi bagi mereka bisa berupa apa saja. Namun, Facebook menemukan bahwa orang merespon dengan baik jenis posting sebagai berikut:

 

  • Facebook Offers (penawaran Facebook). Berikan tawaran menarik bagi fans Page Anda yang bisa mereka klaim atau bisa mereka lakukan bersama teman mereka di Facebook. Posting diskon atau promosi dengan cara yang baik untuk menarik perhatian pelanggan lama dan baru.

 

  • Photos and Videos (foto dan video). Imej atau gambar yang berwarna terang dan menggambarkan interaksi manusia merupakan konten yang menarik bagi banyak orang dan biasanya cenderung lebih sukses. Tapi tentunya foto yang berkaitan dengan bisnis Anda akan menjadi sangat relevan, seperti acara yang diadakan di toko atau produk baru yang muncul.

 

  • Questions (pertanyaan).  Memberikan pertanyaan yang mendorong interaksi dan menyampaikan kepada orang bahwa pendapat mereka penting. Ketika Anda bertanya komentar atau apa yang mereka pikirkan, pastikan untuk merespon komentar sehingga orang tahu Anda mendengarkan.

(**)

(Sumber: Weber and Shandwick)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.