Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook? (1)

0
815
cebook page untuk restoran

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis restoran adalah pemasaran. Di sisi lain tak selamanya sebuah bisnis restoran memiliki dana pemasaran yang cukup untuk mendorong pelanggan baru datang.

Penggunaan Facebook dapat membantu kegiatan pemasaran sehingga bisa dilakukan dengan pendanaan yang tak besar. Facebook memberikan kesempatan yang sama bagi bisnis besar maupun UKM untuk bersaing ketat.

Selain itu, Facebook juga merupakan platform yang ideal untuk mendorong interaksi dengan pelanggan yang pada akhirnya menciptakan pemasaran dari mulut ke mulut. Namun, banyak pengusaha restoran tak maksimal dalam menggunakan Facebook untuk kegiatan pemasarannya.

Berikut adalah sejumlah pertanyaan yang bisa membantu pemilik restoran memaksimalkan penggunaan Facebooknya.

Apakah bagian keterangan dari Page sudah lengkap?

Bagian ini merupakan bagian paling penting dari Page Anda. Tapi sayangnya, banyak bisnis atau pengiklan di Facebook mengabaikan bagian ini dan bahkan lupa untuk senantiasa meng-update-nya.  Padahal di bagian ini pengiklan bisa menjelaskan tentang bisnis mereka, penawaran yang ada, menu special, lokasi dan detil kontak. Dengan begitu, fans bisa melihat layanan seperti apa yang ditawarkan restaurant maupun menu spesialnya. Sebagai contoh, sebuah restoran di Iowa memasukkan data lengkap meliputi menu special, layanan sampai dengan ketersediaan parkir.

cebook page untuk restoran

Apakah imej yang Anda gunakan sudah benar?

Di jaman serba visual seperti saat ini, gambar bisa menjadi alat penting untuk menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada khalayak dengan cara yang lebih menarik. Seperti misalnya foto salah satu menu spesial restoran Anda. Apalagi karena kebanyakan orang memiliki keterikatan emosional dengan makanan. Perlu disadari bahwa visual dalam bentuk foto dan video sudah menjadi bahasa universal yang bisa jauh bermakna dibanding seribu kata.

cebook page untuk restoran

Apakah konten yang Anda posting sudah sesuai?

Ini merupakan pertanyaan yang banyak dilontarkan pengiklan khususnya berkaitan dengan konten Page yang harus di-posting setiap hari. Isi posting tentunya harus berkaitan dengan produk Anda, tapi penting untuk mengemasnya menjadi lebih menarik.

Facebook Page Anda seharusnya bukan sekedar tempat mempromosikan produk Anda. Pastikan bahwa Page Anda menjadi tempat yang berisi konten-konten yang menarik dan menyenangkan seperti misalnya informasi tentang industri, kontes, penawaran diskon hingga games yang bisa mendorong terciptanya interaksi antara fans dengan produk Anda.

cebook page untuk restoran

Gunakan Facebook ‘Page Insights’ untuk melihat pesan apa saja yang bisa menjangkau sasaran audiens Anda dan jangan berhenti memperbaiki konten Page. Karena sangat esensial untuk memastikan konten tetap relevan bagi orang masa kini sehingga dengan mudah memicu interaksi. (sumber: Weber  Shandwick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.