Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook? (2)

0
757
Facebook: Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook?

Sebagai lanjutan dari  tulisan sebelumnya , berikut ini adalah langkah-langkah tambahan yang dapat di tempuh untuk mengoptimalkan promosi restoran melalui Facebook:

Apakah Anda sudah mempertimbangkan waktu tayang posting?

Facebook: Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook? (1)Kadang perbedaan antara posting yang berhasil dan tepat sasaran dengan yang tidak hanya sekedar waktu tayangnya. Facebook ‘Page Insights’ adalah cara mudah dan efektif untuk memahami perilaku ini.

Pemahaman tentang pentingnya waktu penayangan posting bisa membantu dalam menentukan waktu yang tepat untuk memicu partisipasi pembaca.

 

Apakah postingan Anda mendorong interaksi?

Pemberian insentif bagi pembaca merupakan sumbu untuk memicu interaksi dengan produk Anda. Perencanaan yang baik penting untuk menyelenggarakan aktivitas terjadwal di Page seperti kontes, diskon atau bahkan konten eksklusif yang bisa menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Ketika fans menghubungkan diri mereka dengan produk Anda ini berarti cara mereka mengatakan bahwa mereka ingin menjalin hubungan yang lebih mendalam serta lebih bermakna. Karena itu pastikan mereka mendapatkan penghargaan dengan promosi ekslusif misalnya.

Facebook: Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook?

Apakah Anda sudah melampaui kebutuhan akan’Like’?

Ketika basis fans Anda sudah cukup besar, maka sangat esensial untuk terus mendengarkan kebutuhan mereka dan berinteraksi dengan sasaran audiens Anda. ‘Crowd Sourcing’ atau pengumpulan konten yang bersumber dari masyarakat umum sangat mungkin dilakukan di Facebook. Misalnya, Anda bisa mengajak fans untuk mem-posting resep makanan tertentu atau sekedar menanyakan bagaimana mereka menginginkan kopinya.

Dengan masukan seperti ini, Anda bisa menambahkannya ke dalam daftar menu sekaligus membuat fans Anda merasa spesial. Tentunya Anda juga bisa memberikan penghargaan dalam bentuk lain.

Facebook: Mengapa Pengusaha Restoran Membutuhkan Facebook?

Apakah fans berbagi pengalamannya menggunakan jasa Anda?

Facebook telah menjadi platform pemasaran andalan bisnis di penjuru dunia karena mampu memberikan sarana pemasaran dari mulut ke mulut. Dalam hal produk makanan dan minuman, orang lebih nyaman untuk mencoba produk yang sudah pernah digunakan atau direkomendasikan kerabat dan keluarga mereka. Ini merupakan salah satu cara paling cepat untuk menciptakan kesadaran akan ‘brand’ sekaligus menyediakan kredibilitas produk itu sendiri. Misalnya Anda bisa menggunakan fitur ‘Check In’ pada aplikasi mobile Facebook dan mendorong orang menggunakannya setiap kali masuk ke restoran Anda dengan menggelar kontes atau skema diskon khusus seputar itu.

Apakah Anda telah menggunakan semua alat pemasaran Facebook?

Salah satu alat yang jarang digunakan adalah ‘Facebook Offer’, yang memungkinkan menggunakan skema kupon, diskon atau penawaran khusus. Kupon misalnya bisa ditukar di toko, secara online atau bahkan secara bersamaan. Pelanggan bisa mencetak kupon dengan menunjukkannya kepada staff restoran atau bahkan menggunakan ponsel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Sponsored Posts dan Promoted Pages. Bayangkan begitu banyak yang bisa dilakukan di Facebook. (Sumber: Weber Shandwick)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.