Facebook Rombak Total Desain News Feed

0
614
Photo: VenturaBeat.com
Photo: VenturaBeat.com

Marketing.co.id – Ada yang baru pada Facebook, news feed-nya tampil dengan nuansa baru. news feed ini merupakan perombakan besar pertama dari layanan inti Facebook sejak diluncurkannya Facebook Timeline pada akhir 2011.

News Feed merupakan salah satu hal yang paling penting yang telah kita bangun,” kata co-founder dan CEO Facebook Mark Zuckerberg dikutip Mashable.

Zuckerberg mengatakan, news feed serupa dengan “surat kabar yang paling pribadi” bahwa cerita di sekitar Anda layak untuk ditampilkan lebih dari sekadar teks.

“Bagaimana cara kita berbagi, semua sedang berubah dan news feed perlu berevolusi dengan perubahan tersebut. Inilah tampilan news feed,” tambah Zuckerberg.

News feed baru memiliki tiga komponen utama:

  • Gambar yang lebih besar.
  • Multiple Feed.
  • Konsistensi mobile.

Fokus pada gambar

Tampilan baru ini merupakan perubahan radikal dari Facebook lama. Perubahan ini terinspirasi dan sesuai dengan seluruh mobile device.

News feed baru sendiri, sekarang lebih fokus pada tampilan yang mengutamakan gambar daripada teks untuk setiap update-nya. Foto kini  memiliki porsi 50% dari cerita news feed di depan dan tengah.

Jika Anda melihat Feed baru ini seperti nuansa Instagram atau Google+, Anda tidak salah. Facebook mengatakan bahwa mereka sedang mengikuti tren desain saat ini, termasuk foto yang besar dan desain navigasi layar yang lebih mudah.

Lebih banyak Tipe dan Lebih Besar Kendali

Perubahan ini memungkinkan pengguna menikmati lebih tipe feed. Tidak itu saja, mereka juga memiliki kendali yang lebih besar untuk menentukan bagaimana feed tersebut ditampilkan.

Pengguna dapat berlangganan berbagai jenis feed, termasuk feed dari semua teman, teman dekat, musik, foto, game, dan mereka yang mengikuti pengguna.

Bagi kita yang tidak suka dengan cara Facebook menyortir konten news feed tersebut, tampilan kronologisnya sekarang sudah tersedia.

Hanya saja, belum diketahui secara jelas bagaimana feed baru ini akan mempengaruhi cerita dan konten yang dipromosikan, atau dampak panjang yang mungkin terjadi pada laman merek dan fanpages.

Konsistensi mobile

Desain news feed baru ini terinpirasi oleh mobile. Dibutuhkan isyarat yang signifikan dari aplikasi Facebook mobile untuk ponsel maupun tablet, untuk menambahkan panel navigasi baru di samping dan lebih banyak ruang.

Menyadari bahwa lebih banyak pengguna yang mengakses Facebook dari perangkat mobile ketimbang sebelumnya, Facebook memfokuskan diri untuk membuat pengalaman mobile secara keseluruhan yang lebih konsisten, tanpa bergantung pada platform tertentu.

Bagaimana pendapat Anda tentang perubahan baru ini?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.