Facial Coding, Mengukur Iklan TV Lewat Wajah

0
1183
facial coding

facial coding

Millward Brown belum lama ini mengenalkan Facial Coding untuk pasar Asia. Solusi ini adalah hasil kerjasama Millward Brown dan Affectiva yang memungkinkan interprestasi otomatis terhadap respon cognitif, melalui deteksi perubahan raut wajah responden terhadap tayangan iklan.

Integrasi perangkat lunak face coding Affdex™ dari Affectiva dengan solusi copy-testing LINK™ dari Millward Brown memungkinkan para pemasang iklan untuk dapat mengukur respon emosi penonton terhadap sebuah tanyangan iklan secara akurat, sederhana, hemat biaya dan sesuai kebutuhan.

“Kami percaya bahwa teknik pengukuran respon facial coding yang dikombinasikan dengan metode survei konvensional dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan hasil dari masing-masing pengukuran jika dilakukan secara terpisah,” kata Mark Chamberlain, Managing Director Millward Brown Indonesia.

Teknik Facial Coding telah terbukti sangat berguna untuk:

  • Membantu memahami kekuatan emosional dari sebuah iklan, terlebih jika iklan tersebut sangat “edgy” dan menggunakan ide kreatif yang tidak lumrah.
  • Memperoleh gambaran yang jelas dan mengidentifikasi reaksi emosional yang sulit dijelaskan melalui metode survei konvensional.
  • Menemukan titik transisi dalam sebuah iklan, yang mana dapat memperkuat pesan atau malah melemahkan – yang akan memengaruhi pemahaman sebuah iklan.
  • Mengidentifikasi apakah kekhasan dan branding moments sebuah iklan bekerja dengan semestinya.
  • Memperlihatkan secara sistematis alur cerita pada sebuah iklan untuk optimasi sebuah iklan.

Salil Sadanandan, Managing Director of Kitchen & Bath, Kohler, India, mengatakan, “Menganalisa respon penonton dari perubahan raut wajah dapat membantu peneliti iklan dalam proses rasionalisasi pasca penelitian, dan hal tersebut merupakan angin segar bagi analisis periklanan.

Salil menambahkan, mengetahui persepsi pemirsa yang sebenarnya membantu kami untuk terus megembangkan berbagai ide kreatif dengan menggunakan hasil tes dari dua metode, yaitu survei konvensional dan face coding.

Secara global, sejak diperkenalkannya solusi ini pada awal tahun 2012, Millward Brown telah menggunakan solusi Link™ dengan facial coding untuk melakukan tes terhadap lebih dari 3,000 iklan televisi yang sebagian besar merupakan perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Editor: Wahid FZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.