Fakta Menarik Tanda Tangan Elektronik dan Cara Membuatnya

0
17
Sediakan Tanda Tangan Elektronik dan eMaterai, AFPI Gandeng TekenAja!
Tanda Tangan elektronik
Ilustrasi Tanda Tangan elektronik

Marketing.co.id – Berita Digital| Apakah Anda familiar dengan tanda tangan elektronik? Seperti namanya, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan dalam bentuk elektronik. Alhasil, Anda bisa membubuhkan tanda tangan tersebut dari jarak jauh pada dokumen Anda. Menarik, bukan?

Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai cara membuat tanda tangan elektronik serta fakta menarik yang menjadi kelebihannya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

3 Fakta Menarik Tanda Tangan Elektronik

Berikut beberapa fakta menarik atau kelebihan tanda tangan elektronik dibandingkan tanda tangan biasa.

1.   Tanda Tangan Elektronik Lebih Ramah di Kantong

Dengan tanda tangan elektronik, Anda tak perlu mencetak dokumen, melakukan scan, atau mengirim dokumen ke pihak lain melalui ekspedisi. Plus, Anda juga tak perlu membeli tinta, kertas, dan sebagainya. Ini tentu saja jauh lebih hemat dan ramah di kantong Anda.

2.   Bisa Menghemat Waktu Anda

Tak ada lagi tunggu menunggu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu! Dengan tanda tangan elektronik, semua pihak bisa melakukan tanda tangan hanya dalam hitungan menit, tak peduli di mana mereka berada.

3.   Tanda Tangan Elektronik Memiliki Keamanan yang Lebih Baik

Tanda tangan basah di dokumen fisik rentan dipalsukan yang bisa merugikan Anda. Nah, dengan tanda tangan elektronik, risiko pemalsuan turun drastis. Sebab, tanda tangan elektronik sudah memiliki teknologi keamanan yang canggih.

Cara Membuat Tanda Tangan Elektronik

  • Kunjungi website https://mekarisign.com, lalu klik Jadwalkan Demo untuk membuat akun
  • Sebelum bisa melakukan tanda tangan, Anda harus melengkapi eKYC yang muncul di website
  • Bila eKYC selesai, Anda akan dihadapkan ke Dashboard. Klik Upload Dokumen untuk mengupload dokumen dari perangkat yang akan Anda bubuhkan tanda tangan elektronik
  • Kemudian, masukkan nama dan alamat email para pihak yang akan melakukan tanda tangan. Pastikan kolom di sebelah email adalah Needs to sign
  • Untuk menambahkan pihak lainnya, klik Add another signer
  • Bila Anda juga termasuk pihaknya, Anda klik saja Add me as signer
  • Anda juga bisa mengatur urutan tanda tangan dengan mengklik Set sign order, lalu geser urutan dengan klik dan geser titik-titik yang muncul. Bila sudah, klik Next
  • Selanjutnya, Anda bisa mengatur tanda tangan para pihak, seperti letaknya, nama, durasi kontrak, tanggal, dan sebagainya. Jika sudah sesuai, klik Next
  • Terakhir, lakukan cek ulang apakah semuanya sudah benar. Mulai dari nama pihak, email, dan semacamnya. Bila sudah, klik Send document untuk mengirimkan dokumen ke masing-masing pihak agar ditandatangani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.