Fazz Tunjuk Dua Senior Eksekutif Untuk Dorong Digitalisasi Keuangan di Asia Tenggara

0
38

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Fazz Financial Group yang disingkat Fazz, mengumumkan penunjukkan dua eksekutif seniornya yaitu Angus Kong sebagai Chief Technology Officer (CTO) dan Seong Per Lee sebagai Head of Data & AI. Penunjukan ini sejalan dengan rencana inovasi dan efisiensi operasional perusahaan untuk mengakselerasi akses keuangan di Asia Tenggara dimana sebanyak 70% dari populasi orang dewasa masih belum memperoleh akses terhadap layanan bank sepenuhnya (underbanked).

Fazz Financial Group merupakan penggabungan antara Payfazz asal Indonesia dan Zfers asal Singapura pada Maret 2021. Dengan adanya penunjukan dua eksekutif tersebut, diharapkan akan mempercepat proses pertumbuhan Fazz Agen dan Fazz Business.

Fazz Agen merupakan aplikasi keuangan berbasis agen yang melayani usaha mikro dan kecil di Indonesia, serta memberikan berbagai kemudahan akses pembayaran, pembelian grosir dan permodalan yang merata. Sedangkan Fazz Business merupakan akun bisnis yang membantu perusahaan dengan berbagai skala di Asia Tenggara untuk membangun, menjalankan serta mengambangkan bisnis mereka di seluruh kawasan ini.

Sebelum bergabung dengan Fazz, Angus merupakan bagian dari tim Google AI, dimana beliau memimpin tim teknologi untuk model pemahaman bahasa alami (natural language model) dan meluncurkan Universal Sentence Encoder pada AI Hub Google.

Seong Per sebelumnya merupakan Data Science Senior Lead di Tokopedia. Ia bergabung dengan dunia teknologi dan startup setelah berkarir di sektor publik Singapura, dimana beliau berkontribusi dalam pengembangan kebijakan nasional, serta program universitas terkait inovasi dan kewirausahaan.

Di Asia Tenggara, 67% ahli industri percaya bahwa akses terhadap layanan keuangan akan semakin terbatas pada tahun 2025. Indonesia diperkirakan memimpin pertumbuhan konsumen digital di Asia Tenggara yang diprediksi akan menjadi 402 juta pada tahun 2027.

Fazz berada dalam posisi strategis untuk membantu bisnis dengan berbagai skala dalam meningkatkan layanan digital mereka, sehingga memungkinkan mereka untuk memperoleh manfaat dari pertumbuhan tersebut.

“Kami percaya diri menunjuk kedua senior Fazz di bidang teknologi ini karena akan membantu untuk membangun salah satu organisasi berbasis teknologi terbaik di kawasan ini terutama pengembangan Artificial Intelligent (AI). Pemanfaatan perkembangan terbaru dalam AI dan machine learning akan membantu bisnis-bisnis di kawasan ini yang masih mengandalkan pemberi pinjaman dan institusi keuangan dengan cara konvensional. Komitmen kami adalah untuk mengembangkan akses kredit dan membangun kepercayaan hubungan yang lebih kuat antara pemberi pinjaman dan bisnis-bisnis yang belum memperoleh akses terhadap layanan keuangan sepenuhnya.” terang Hendra Kwik, Chief Executive Officer of Fazz.

Hingga saat ini, Fazz telah melayani lebih dari 12 juta pengguna (end-users) dan memiliki lebih dari 300,000 agen terdaftar di Indonesia dan Singapura. Perusahaan ini juga memegang lisensi terbesar di Asia Tenggara untuk e-money, penerimaan pembayaran, transfer, peminjaman, perbankan dan layanan kartu. Hingga kini, pelanggan Fazz tersebar di Singapura dan Indonesia, termasuk raksasa e-commerce, dan masih banyak lagi.

Marketing.co.id: Portal berita Marketing dan Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.