Flux Creative Universe Siap Dominasi Industri Advertising Kreatif Indonesia

https://marketing.co.id/yohanes-auri-fokus-pada-tujuan-dan-solusi-dalam-menghadapi-tantangan/Marketing.co.id – Berita Marketing |  Idenya Flux resmi membentuk Flux Creative Universe (FCU) sebagai holding group yang fokus membangun jaringan bisnis kreatif dengan kumpulan entitas dengan kemampuan, karakter, dan kekuatan yang beragam. Konsep yang diusung FCU adalah Creative Business dimana para entitas di dalamnya bebas mengembangkan diri dalam sisi kreatif, sedangkan FCU akan berperan besar dalam menjalin dan memperkuat jaringan bisnis untuk para entitasnya.

“Tidak hanya memberikan investasi semata, FCU akan sangat membantu para entitasnya dalam mengembangkan usaha dan mendapatkan new business. Kami juga memberikan dukungan kepada para entitas dalam melakukan manajemen usaha yang baik,” papar Yohanes Auri, Founder Flux Creative Universe (FCU).

Perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Flux Creative Universe yaitu Idenya Flux perusahaan iklan berbasis di Jakarta yang dipimpin oleh Boyke Dwijanarko, creative advertising agency Sugar Rush yang dikepalai Kevin Kristanto, NXL yang bergerak di bidang e-sport dan dipimpin Richard Permana serta graphic house agency Flux Design yang dipimpin Jailani.

Baru-baru ini, FCU juga melakukan investasi dengan melahirkan digital agency dan juga creative agency, Farmer, dengan Wirastomo Hadi sebagai founder-nya. Wirastomo Hadi adalah seorang yang telah berpengalaman menjadi Executive Creative Director (ECD) di berbagai perusahaan iklan Indonesia dan telah meraih banyak penghargaan di industri periklanan. Total investasi yang akan diberikan FCU kepada Farmer adalah sebesar 10 miliar rupiah.

Yohanes Auri telah berhasil membangun Idenya Flux sebuah advertising dan digital agency dari tahun 2018 yang dulunya hanya berangkat dari sebuah graphic house dengan nama Flux Design yang dimulai dari kamar tidur, hingga kini mencatat pertumbuhan usaha yang signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 total pendapatan Idenya Flux meningkat 184% dibanding tahun sebelumnya. Dengan pengalamannya tersebut, Yohanes Auri terpanggil untuk berkontribusi bagi perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu pengembangan agensi kreatif lokal.

“Banyak agensi periklanan lokal Indonesia yang kreatif dan menghasilkan karya-karya segar dan inovatif, tapi tidak banyak yang secara bisnis bisa berkembang dengan pesat, salah satunya karena pengalaman manajemen perusahaan yang belum terasah. Maka FCU hadir untuk menaungi dan melakukan mentoring,” ungkap Yohanes Auri. Kesuksesan FCU dalam membesarkan para entitasnya terbukti dengan Sugar Rush yang belum genap setahun bergabung sebagai partner FCU telah berhasil  menunjukkan performa bisnis yang progresif dengan meraih total pendapatan sebesar 5 miliar rupiah.

Yohanes Auri juga menjelaskan bahwa FCU hadir untuk menjawab tantangan industri ekonomi kreatif Indonesia yang diprediksi akan terus berkembang. Dalam APBN tahun 2022, pemerintah juga menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%. Dengan demikian, peluang klien untuk beriklan pun diprediksi turut mengalami peningkatan.

FCU melalui ragam entitas yang digawangi oleh talent berpengalaman di bidangnya masing-masing dapat memberikan layanan terbaik dalam  membantu brand untuk mencapai tujuan.  Dengan konsep Creative Business yang diusungnya, FCU tidak hanya  membantu pencapaian target komunikasi klien, namun juga membantu klien dalam mencapai target bisnis mereka.

“Kolaborasi antar perusahaan bukan sekadar tren di kalangan pelaku bisnis, namun saya pribadi meyakini bahwa dengan berjalan bersama langkah kita akan lebih mantap dan lebih jauh ke depan,” tutur Auri.

Yohanes Auri berencana menambah 3 entitas baru dalam FCU pada tahun 2022 dan siap menggelontorkan total investasi sebesar satu juta dolar. “Rencananya ingin menambah satu digital agency, satu production house, dan satu lagi masih terbuka untuk apa dan siapa saja yang tertarik untuk bergabung kami terbuka untuk diskusi”, jelasnya. Adapun kriteria utama yang ditetapkan FCU dalam memilih mitra antara lain memiliki visi yang sama dalam pengembangan bisnis dan memiliki spirit entrepreneurship yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.