(Foto) Fitur V2L di Hyundai IONIQ 5 Bantu Isi Daya Perangkat Elektronik

0
395
Seorang konsumen tengah memperhatikan stasiun pengisian

Marketing.co.id – Berita Gallery | Kehadiran mobil listrik yang merupakan produksi pabrik Indonesia pertama yaitu Hyundai Ioniq 5 dibarengi oleh pertanyaan apakah akan mudah menemui tempat pengisian batere listrik yang digunakan?. Pertanyaan tersebut terjawab dengan Hyundai melakukan demonstrasi penggunaan fitur Vehicle-to-Load (V2L) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) melakukan demonstrasi pengisian V2L melalui sebuah Cafe yang seluruh kebutuhan listriknya ditenagai oleh Ioniq 5. Fitur V2L sendiri memungkinkan Ioniq 5 menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanaya, seperti dalam kegiatan outdoor, dimanapun dan kapanpun.

Fitur V2L memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga. Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam, tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai. Fungsi V2L dapat diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah, hingga treadmill. Selain itu, saat di situasi di mana mobil listrik lain tengah kehabisan baterai, fitur ini dapat digunakan untuk mengecas mobil tersebut menggunakan Handheld Portable Charger. Berikut liputannya:

Seorang konsumen tengah mendengarkan informasi tentang fitur Vehichle-to-Load (V2L) di area Cafe Hyundai, ajang IIMS 2022, pada Selasa (05/04). Dengan fitur ini dapat mentenagai berbagai perlengkapan elektronik seperti mesin espresso, kulkas mini bahkan sebuah treadmill yang ada di area Cafe Hyundai Motor Indonesia. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Apa dan Dimana Letak Fitur Vehicle-to-Load (V2L) pada Hyundai Ioniq 5?

Terdapat dua port V2L pada Ioniq 5. Terlihat pada gambar port V2L di bagian luar. Fitur V2L mampu menyuplai daya hingga 3.600 watt atau 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga sehingga bisa digunakan untuk berbagai peralatan elektronik. Foto: Marketing.co.id/Lialily.
Hyundai Ioniq 5 menjadi kendaraan listrik pertama dari Hyundai yang telah menggunakan Electric-Global Modular Platform(E-GMP). Platform ini memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara lebih bertenaga, peningkatan jangkauan berkendara, penguatan fitur keselamatan. Foto: marketing.co.id/Lialily.
Seorang konsumen tengah mencoba merasakan interior di dalam Ioniq 5. Ioniq 5 dilengkapi dengan fitur keamanan yaitu Hyundai Smartsense. Sistem ini akan memantau area sekitar dan membantu memberikan kemanan lebih dari potensi bahaya saat mengemudi. Fitur V2L juga dapat digunakan menggunakan sumber listrik dari port bagian dalam, yaitu cukup membuka penutup port, kemudian sambungkan perangkat elektronik yang ingin digunakan dan status sistem V2L dapat dilihat melalui warna lampu yang menyala pada port. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.