(Foto) Kedai Mie Ayam Tak Lekang Oleh Pandemi

0
762
Tebet, yang terkenal dengan berbagai pilihan kuliner, menjadi lokasi mie ayam Bangka "Asan" lainnya. Pemilik usaha ini telah ada di kawasan Tebet semenjak tahun 1990-an. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Marketing.co.id – Berita Gallery, Berita Foto |  Mie ayam, siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini. Setiap orang baik anak-anak, tua, muda pasti punya selera mie ayam yang berbeda-beda. Dari beberapa laman di internet, diketahui bahwa mie ayam merupakan hidangan Tionghoa-Indonesia yang sangat populer. Dipengaruhi oleh teknik penyajian kuliner yang digunakan dalam hidangan Tiongkok, saat masuk ke Indonesia menu ini  awalnya ditambah dengan isian daging babi. Namun perlahan-lahan, karena mayoritas masyarakat di Indonesia adalah muslim, maka isian mie ayam diganti dengan bakso, pangsit rebus atau pangsit goreng dan jamur.
Saat ini mie ayam dapat dijumpai dimanapun. Dari kedai kaki lima hingga restoran, dari harga termurah hingga harga paling mahal tergantung oleh isian mie ayam. Pun dapat dipilih berbagai kedai mie ayam biasa, mie ayam bangka, mie ayam surabaya dan masih banyak lagi. Mie ayam Bangka terkenal dengan campuran isian tauge selain sayur sawi dan bakso, sedangkan mie ayam Surabaya khas dengan isian pangsit rebus dan kucai yang menjadi isiannya selain sayur sawi. Mie ayam Bangka yang sering dijumpai adalah mie ayam Bangka “Asan”. Kami mendatangi salah satu kedai mie ayam Bangka “Asan” dan menanyakan apakah usaha mereka merupakan franchise. Ternyata penggunaan kata “Asan” dibelakang nama dagang mie ayam Bangka, dikarenakan mereka mempunyai hubungan kekerabatan yang erat di daerah asalnya, yaitu kota Bangka. Apapun jenisnya, mie ayam tetap sedap dinikmati. Jadi yang mana mie ayam pilihan anda?
Berikut liputan berbagai macam warung mie ayam:

Mie Ayam Bangka “Asan” di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Telah ada sejak 3 generasi, saat ini baru berpindah tempat. Usaha mie ayam merupakan salah satu jenis UMKM makanan yang paling banyak diminati. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Pengunjung mengantri di Mie Ayam Bangka “Asan”, kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Tebet, yang terkenal dengan berbagai pilihan kuliner, menjadi pilihan pemilik usaha ini yang telah ada semenjak tahun 1990-an. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Tidak melulu mie ayam Bangka “Asan” namun ada pilihan lain juga yaitu mie ayam Bangka “Liesna”. Kedau ini menyediakan makanan dengan berbagai pilihan menu yang lebih beragam. Foto: marketing.co.id/Lialily.

Lain lagi dengan mie Surabaya. Tetap dengan isian daging ayam, namun kedai mie ayam ini mempunyai ciri khas dari warna yang lebih cerah serta pilihan menu lebih banyak. Tidak hanya mengandalkan pembelian langsung, namun semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak pengusaha UMKM makanan mengandalkan juga pembelian online. Foto: marketing.co.id/Lialily.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.