fX Sudirman Rumah Kedua Kaum Hawa

0
1462
fx sudirman

Sekitar 85% pengunjung fX Sudirman adalah perempuan, sisanya laki-laki. Seperti apa strategi fX Sudirman menjangkau dan mempertahankan mereka?

fx sudirmanBagi bisnis ritel, perempuan merupakan pasar yang sangat menjanjikan dan lebih potensial ketimbang pasar laki-laki. Mereka lebih loyal terhadap merek, lebih suka berbelanja, dan memiliki spending power yang lebih besar ketimbang laki-laki.

Lihat saja bagaimana pengaruh mereka dalam kehidupan sehari-hari. Perempuan memiliki peranan penting dalam memutuskan suatu keinginan, seperti berkunjung ke suatu tempat ataupun membeli sesuatu.

Edho Alhabasya, Associate Vice President Marketing Communication PT Plaza Lifestyle Prima (fX Sudirman) mengatakan, untuk menjangkau dan mempertahankan mereka bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan strategi-strategi khusus. Memberikan program diskon saja belum cukup untuk menjangkau mereka.

Menurutnya, untuk menjangkau konsumen perempuan kita harus memberikan sesuatu yang touch to humanity. Dengan hal itu biasanya mereka lebih loyal. “Saya belum melihat di tempat lain yang melakukan kampanye yang sifatnya personality touch seperti yang kami lakukan,” kata Edho.

Edho mengakui, tingkat persaingan di bisnis ritel sangat ketat. Namun, itu bukan lah sebuah ancaman. “Meskipun yang kita dan pesaing lakukan tidak jauh beda, kita memiliki  competitive advantage yang berbeda, mulai dari konsep, fasilitas, hingga tenant,” katanya penuh percaya diri.

Kartu loyalitas

Salah satu strategi yang diterapkan FX Sudirman untuk menjangkau dan mempertahankan mereka adalah dengan kartu loyalitas – X-Card. Kartu loyalitas yang diberikan antara pelanggan perempuan dan laki-laki berbeda.

Untuk perempuan, fX Sudirman memberikan desain yang unik dan lucu. Tidak hanya desainnya saja yang unik, namun juga ada fasilitas lain seperti free parking setiap hari Rabu dan lokasi parkirnya di frame area.

“Kami menyadari, di sekitaran fX Sudirman banyak sekali perempuan pekerja yang aktif dan membawa kendaraan sendiri. Kami ingin membuat mereka nyaman agar tidak kapok berkunjung ke sini,” terang Edho.

Untuk menjaga para pelanggan betah dan loyal, FX Sudirman membuat program rutin yang dikemas dalam kartu loyalitas tersebut. Kapanpun mereka bisa datang ke FX tanpa harus menunggu promo khusus.

 

Media sosial

Selain kartu loyalitas, FX Sudirman juga aktif di media sosial. Bagi Edho, alat kampanye yang paling besar pengaruhnya adalah digital media – website dan media sosial.

Februari lalu ketika merayakan Hari Valentine, Edho membuat sebuah posting sederhana di media sosial, “spesial untuk hari ini yang memakai baju pink akan mendapatkan free coklat”. Ternyata responnya luar biasa, pengunjung FX melonjak.

Tidak hanya itu, Edho juga mengungkapkan bagaimana dahsyatnya kekuatan media sosial. Ketika pertama kali bergabung dengan fX Sudirman, ia langsung membuat akun Instagram dan Path. Saat itu belum ada mal lain yang melakukannya.

“Saya ingin marketing fX Sudirman ini berbeda dengan yang lain. Saya mau lebih personal, pelanggan merasakan media sosial ini ada orangnya. Instagram dan Path adalah media sosial yang sangat personal. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk getting personality customer,” lanjut Edho antusias.

Saat ini media sosial yang paling mencuri perhatiannya adalah Instagram dan Twitter. Meski begitu, semua media sosial yang dikelolanya di-maintenance sebagai sosok orang bukan mal. “Kami lebih menyentuh sisi personal, itu yang membuat pelanggan loyal,” katanya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menggoda perempuan agar berkunjung. Bulan ini, bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 dan pemilu legislatif, fX Sudirman mengadakan program dengan tema Ladies Speak. Konsepnya sama seperti tahun lalu yakni mendedikasikan bulan April untuk perempuan.

Untuk mendukung program tersebut, banyak aktivitas yang dilakukan fX Sudirman. Misalnya  free parking selama bulan April mulai jam 16:00-19:00, membagikan bunga mawar pada tanggal 21 khusus untuk pengunjung perempuan, dan masih banyak lagi aktivitas menarik lainnya. “Kami ingin perempuan yang hadir ke sini merasakan sesuatu yang beda,” terang Edho.

Komunitas

Salah satu kelebihan dari FX Sudirman adalah mereka sangat bersahabat dengan komunitas. Selain memiliki komunitas sendiri (X-Card), fX Sudirman juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas lain seperti Hijabers dan Urban Mama.

“Kami mengadakan kerja sama saling menguntungkan. Kami menyediakan mereka tempat dan fasilitas lain yang dibutuhkan. Mereka bisa datang kapan saja ke fX Sudirman secara bergerombol dan kami akan memberikan apa yang mereka butuhkan,” jelas Edho.

Edho mengungkapkan, program marketing fX Sudirman lebih menekankan program yang ditujukan kepada perempuan. Tapi tidak memungkiri ada pelanggan pria. Berbeda dengan perempuan, program yang dibuat untuk laki-laki sifatnya lebih umum.

“Kami patut bersyukur, atas segala upaya yang telah dilakukan selama ini, kartu loyalitas kami terus bertambah setiap harinya. Data survei konsumen kami menunjukkan bahwa komposisi pelanggan fX Sudirman 85% perempuan dan sisanya pria” jelas Edho.

“Yang  terpenting, kita selalu menjaga golden opportunity, di mana ketika mereka datang mulai dari parkiran sampai benar-benar masuk ke mal ada experience yang mereka dapatkan. Itu adalah momen yang tidak boleh meleset. Sekali ada momen tidak menyenangkan sulit membuat mereka kembali,” tutupnya. 

 Editor: Sekar Ayu

Artikel ini pertama kali muncul di Majalah Youth Marketers edisi 08 April 2014 dengan judul “Mengintip Cantiknya Pasar Perempuan”. Klik di sini untuk mengunduhnya secara gratis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.