Games sebagai Marketing Tool Anda (1)

Tingkatkan nilai merek Anda melalui game.

Tahukah Anda jika banyak merek-merek besar dunia menggunakan games sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka? Master Card, Century 21, McDonald’s, Nike, Toyota dan Coca Cola hanyalah sebagian kecil dari merek –merek kelas dunia yang menggunakan games sebagai sarana untuk meningkatkan nilai merek mereka. Merek-merek ini memaksimasi penggunaan games sebagai marketing tool karena mereka menyadari bahwa konsumen terbaik adalah konsumen yang aktif. Agar konsumen menjadi aktif, games adalah salah satu sarana pemacu yang sangat baik.

Sebelum dilanjutkan, ditekankan terlebih dahulu jika pengertian games yang dimaksud dalam artikel ini adalah permainan yang dikendalikan oleh komputer atau mikroprosesor. Istilah yang juga biasa digunakan untuk permainan jenis ini adalah video game dan electronic game.

Secara statistik, jumlah konsumen yang dapat diakses melalui games semakin meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Sebagai contoh, besaran nilai pasar games jaringan sosial per 2011 adalah 4.94 milyar US Dollar, meningkat sebesar 168% dbandingkan dengan tahun 2009 yang sebesar 1.84 milyar dollar (Casual Games Sector Report, 2012). Dengan rata-rata usia pemain berkisar 37-40 tahun, angka ini menunjukkan bahwa games bukan hanya konsumsi anak-anak dan remaja.

Untuk platform mobile, besaran nilai pasar global mobile gaming per 2011 adalah 2.72 milyar US Dollar, meningkat sebesar 49% dibandingkan dengan tahun 2010 yang sebesar 1.83 milyar US Dollar (Mobile Gaming Report 2012). Sedangkat untuk platform PC, nilai penjualan PC Gaming secara global meningkat dari 16.2 milyar US Dollar (2010) menjadi 18.6 milyar US Dollar (2011) (pcgamingalliance.org, 2012).

Tentu saja angka-angka mencengangkan di atas akan sangat sayang untuk dilewatkan oleh para marketer. Sudah saatnya para marketer menyadari bahwa games dapat dipergunakan untuk meningkatkan nilai merek, loyalitas konsumen, hingga penjualan produk. Namun, tentu saja akan jauh lebih penting bagi para marketer untuk mengetahui alasan dan tujuan penggunaan games agar hasil yang diperoleh menjadi lebih efektif dan efisien.

Mengapa Games?

Pertama-tama, para marketer harus mengetahui lebih dahulu mengapa mereka memilih, atau akan menggunakan games sebagai salah satu marketing tool.

Mengenai langkah-langkah yang perlu diambil agar memperoleh hasil maksimal, akan dibahas dalam artikel Games sebagai Marketing Tool Anda (2).

*gambar yang digunakan dalam artikel dimiliki oleh Enthrean Guardian.

(Andika Priyandana – Managing Editor Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.