Games sebagai Marketing Tool Anda (2)

Melanjutkan artikel Games sebagai Marketing Tool Anda (1), berikut ini adalah langkah-langkah yang ada baiknya digunakan agar hasil maksimal dapat diraih.

 

Langkah-langkah untuk meraih hasil maksimal melalui penggunaan games:

Langkah 1. Miliki gambaran besar

Sudahkan Anda mengetahui di mana konsumen Anda biasa berada? Apakah di rumah, kantor, tempat tertentu, atau selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lain? Jika Anda sudah mengetahui hal-hal ini, Anda akan memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai konsumen Anda sebelum menentukan sasaran dan tujuan.

 

Langkah 2. Miliki tujuan

Anda sudah mengetahui gambaran konsumen Anda dengan lebih mendetail, memahami  masalah-masalah yang sedang mereka hadapi dan produk Anda menjadi salah satu cara penyelesaiannya. Kini, Anda ingin semakin mendekatkan konsumen Anda dengan produk Anda dan salah satu strategi yang Anda inginkan adalah penggunaan games. Tetapi, apakah Anda sudah mengetahui kebutuhan mereka yang dapat dipenuhi melalui games? Misalnya fun, keinginan untuk mengontrol, kebutuhan sosial, tantangan (fisik, mental atau terhadap konsumen/pemain lainnya), dsb.

 

Sekedar catatan, ada dua alasan yang perlu Anda ketahui mengapa begitu banyak orang suka bermain games:

  • “Membuat kami dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat kami lakukan dalam kehidupan normal.”
  • “Membuat kami dapat menjadi seseorang yang tidak dapat kami wujudkan dalam kehidupan normal”

 

Langkah 3. Tentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan

Setelah Anda mengetahui kebutuhan-kebutuhan “bawah sadar” konsumen Anda, identifikasilah perilaku yang ingin Anda peroleh (awareness, ketertarikan, pilihan, penjualan) dan kemudian sinergikan dengan kebutuhan-kebutuhan konsumen Anda.

Turunkanlah pendekatan ini dalam mendesain pengalaman bermain games bagi konsumen. Pertama-tama, identifikasi perilaku yang ingin Anda dapatkan dari konsumen Anda, berdampingan dengan kebutuhan atau nilai-nilai yang ingin mereka raih. Kemudian, identifikasi strategi dan taktik – desain games – untuk menentukan langkah-langkah mencapai tujuan Anda.

 

Langkah 4. Penghargaan

Games bagi konsumen Anda harus memiliki arti dan manfaat di hati mereka. Games hanyalah alat untuk mencapai tujuan akhir. Skor, level, peringkat dan sejenisnya adalah kunci yang dapat dikustomisasi sesuai dengan konten produk Anda.

 

Langkah 5. Make it fun!

Hal apa pun memungkinkan untuk diraih, sepanjang games tersebut fun untuk dimainkan dan produk Anda terikat di dalamnya.

Jika Anda dapat menjalankan langkah-langkah di atas dengan baik, disamping selalu bertanya kepada diri sendiri “Kenapa?” di setiap langkah proses Anda, bisa jadi Anda sudah meleburkan games – permainan ke dalam pekerjaan Anda dengan baik.

Namun, jika Anda belum mampu menginjeksikan langkah-langkah fun ke dalam pekerjaan Anda, Anda mungkin harus mengatakan, “Game Over”.

*gambar yang digunakan dalam artikel dimiliki oleh Enthrean Guardian.

(Andika Priyandana – Managing Editor Marketing.co.id)

 

NB: Berita serupa dimuat di Majalah Marketing edisi Juni 2012.

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.