Gandeng Ruangguru LOOP Luncurkan EnsikLOOPedia

Jakarta – Merek unggulan Telkomsel untuk segmen anak muda, LOOP berkolaborasi dengan Ruangguru, perusahaan rintisan penyedia konten pendidikan berbasis teknologi di Indonesia. Kerjasama untuk meningkatkan akses pendidikan untuk seluruh pelajar di Indonesia.

Vice President Prepaid Marketing Telkomsel, Riny Novitriyanti mengatakan, Telkomsel tertarik menggandeng Ruangguru karena memiliki kesamaan visi untuk menggali berbagai potensi anak muda Indonesia, termasuk  potensi yang terkait pendidikan.

“Kolaborasi antara keunggulan kualitas jaringan dan coverage Telkomsel, serta akses pendidikan bagi semua kalangan dengan 150 ribu guru di hampir setiap provinsi melalui platform Ruangguru, membuat kami bersama-sama bisa membuka akses pendidikan yang semakin luas dan berkualitas.” jelas Rini.

(Ki-Ka) Vice President Brand & Communications Telkomsel Nirwan Lesmana, Vice President Prepaid Marketing Telkomsel Rini Novitriyanti, CEO & Co Founder Ruangguru Belva Devara, CPO & Co Founder Ruangguru Iman usman saat peluncuran Paket Belajar Tanpa Kuota dan EnsikLOOPedia di Jakarta, Senin (30/07)

Ruangguru didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman. Ruangguru mirip dengan bimbel (bimbingan belajar), namun berbasis web dan apps. Bimbel online ini menyasar pelajar SD, SMP, dan SMA serta profesional. Adapun konten yang ditawarkan berupa video belajar, latihan soal, dan rangkuman pelajaran. Fitur yang tersedia di aplikasi Ruangguru diantaranya RuangBelajar, RuangLes Online, serta RuangUji.

CEO dan Co-Founder Ruangguru, Belva Devara mengatakan, kolaborasi ini memungkinkan pelajar di pelosok mengakses materi Ruangguru dengan harga terjangkau. Sudah bukan rahasia lagi pelajar di pelosok sulit mengikuti bimbel karena kendala jarak dan biaya. Ini yang membuat mereka sulit bersaing dengan pelajar di perkotaan, karena mereka bisa dengan mudah ikut bimbel,” tuturnya.

Melalui kolaborasi ini, Ruangguru dan LOOP menyediakan paket ruangbelajar Ruangguru dengan harga Rp25.000 per bulan. Dengan biaya segitu para pelajar dapat mengakses semua materi pelajaran di aplikasi Ruangguru tanpa dikenakan biaya internet tambahan.

Selain itu, LOOP dan Ruangguru menghadirkan EnsikLOOPedia, sebuah platform referensi belajar online baru yang berisi berbagai artikel mata pelajaran, video tutorial, simulasi try out, hingga tips dan trik untuk lulus ujian. EnsikLOOPedia dapat diakses melalui laman  www.loop.co.id/ensikloopedia melalui perangkat seluler, kapan saja dan di mana saja.

Kolaborasi ini juga membuka kesempatan belajar yang lebih luas bagi para LOOPers (pelanggan LOOP). Paket  pertama berupa LOOP x Ruangguru berisi kuota internet, mulai dari Rp 25.000 per bulan dengan kuota data 3GB. Paket ini terdiri dari 1GB kuota data regular dan 2GB kuota data khusus untuk mengakses semua konten Ruangbelajar di aplikasi Ruangguru tanpa biaya tambahan. Paket belajar lain paket langganan bulanan aplikasi Ruangguru dengan harga spesial dan cashback pulsa hingga Rp100.000.

Selain bermuatan sosial untuk memajukan pendidikan Indonesia, kolaborasi LOOP dan Ruangguru berpotensi mendatangkan keuntungan finansial bagi kedua belah pihak. Sebagai gambaran, pengguna LOOP mencapai 25 juta dan pengguna aktif Ruangguru sekitar 9 juta. Jika diakumulasi, kolaborasi ini memiliki basis pelanggan sekitar 34 juta.

LOOP berpeluang meraih pelanggan (subscriber) baru dari Ruangguru, sebaliknya Ruangguru juga berpotensi meraih pengguna baru dari pelanggan LOOP. “Misalkan kita dapat 5 juta dari active users Ruangguru, ini sudah sesuatu bagi kami. Belum lagi pengguna baru yang instal atau download, jadi peluang untuk meningkatkan pangsa pasar masih sangat besar,” ungkap Riny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.