Gandeng Warung Pintar, Strategi CCEP Indonesia Digitalisasi Ekosistem Warung

Marketing.co.id – Berita Digital I Warung Pintar Group berkolaborasi dengan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), untuk mendigitalisasi sistem distribusi ke warung atau toko kelontong tradisional tanpa mendisrupsi distributor resmi yang sudah bekerja sama dengan CCEP Indonesia.

Warung Pintar

Lakshman Peiris, Direktur Marketing Coca-Cola Europacific Partners Indonesia menjelaskan, sebagai sebuah bisnis, CCEP Indonesia secara konsisten berinvestasi dalam sistem dan teknologi terdepan, untuk mendukung proses manufaktur dan distribusi di Indonesia. Salah satunya memperluas upaya disrupsi digital ke garda depan bisnis untuk mendukung strategi pertumbuhan sebagai fokus utama dengan memanfaatkan berbagai channel online yang ada.

“Pelanggan kami, termasuk outlet general trade, merupakan bagian terpenting dan vital dari bisnis CCEP Indonesia, dan kami berkomitmen untuk menciptakan berbagai peluang dalam memberikan layanan yang cepat dan terbaik bagi mereka, termasuk melalui investasi di berbagai saluran digital untuk memperluas jalur distribusi kami di Indonesia,” ujar dia.

Dia menambahkan, upaya ini dilakukan sebagai salah satu strategi CCEP untuk mendapatkan data persebaran produk yang lebih transparan yang nantinya digunakan sebagai dasar dalam menginisiasi strategi distribusi maupun pemasaran secara optimal.

Bermitranya CCEP Indonesia dengan Warung Pintar Group memungkinkan CCEP Indonesia untuk mendapatkan transparansi data konsumen dan potensi persebaran produk ke lebih dari 500.000 warung di dalam ekosistem Warung Pintar Group ke depannya. Jumlah warung pun akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan Warung Pintar yang ditargetkan memiliki 1.000.000 warung dalam tiga tahun ke depan.

Sebagai salah satu jalur distribusi terbesar di Indonesia, informasi persebaran produk yang didapat oleh setiap stakeholder di dalam ekosistem warung masih asimetris. Untuk brand, hal ini mengakibatkan perencanaan strategi yang tidak tepat sasaran dan pemilik warung yang mendapatkan harga stok barang lebih tinggi dari seharusnya.

Agung Bezharie, CEO Warung Pintar Group menambahkan, bahwa digitalisasi channel tradisional yang diciptakan oleh Warung Pintar Group bertujuan untuk menghadirkan transparansi informasi guna membantu semua pihak dalam menciptakan strategi distribusi produk dan pemasaran yang efektif dan menguntungkan bagi seluruh ekosistem warung.

“Bekerja sama dengan CCEP Indonesia, turut memvalidasi keberadaan Warung Pintar Group dalam menjawab permasalahan seluruh pihak di alur distribusi general trade dari berbagai skala. Begitu pun brand, di mana kami layanan kami mampu menjawab permasalahan brand dari skala terkecil hingga yang paling besar, seperti CCEP Indonesia,” imbuh Agung.

Sejak berdiri tahun 2017, lanjutnya, Warung Pintar Group terus mengembangkan solusi teknologi terintegrasi yang menjawab permasalahan di setiap level distribusi dalam ekosistem warung, mulai dari brand, distributor, pedagang grosir, hingga pemilik warung.

Sedangkan bagi CCEP Indonesia, tidak hanya mendapatkan data distribusi yang relevan, tetapi juga dapat langsung menerapkan strategi distribusi dan pemasaran yang lebih cepat, efisien, dan terarah dalam ekosistem Warung Pintar Group. CCEP Indonesia sendiri telah menjalin hubungan kerjasama dengan Bizzy Digital, anak perusahaan Warung Pintar Group, terhitung awal 2020 silam.

“Melalui kolaborasi ini, Warung Pintar Group akan mendukung upaya kami untuk bertumbuh lebih pesat melalui penyediaan data dan integrasi channel distribusi, serta mengoptimalkan inisiatif pemasaran. Dengan bergabungnya Bizzy Digital dan Warung Pintar, kami berharap dapat memperluas peluang baru di pasar dan memberikan manfaat positif bagi semua outlet di ekosistem ini,” imbuh Lakshman Peiris.

Kerja sama yang terjalin ini turut menjadi solusi bagi para pemilik warung dan toko kelontong dengan menambah jejeran produk yang dapat diakses lewat Aplikasi Warung Pintar. Lewat Warung Pintar Group, para pemilik warung dan toko kelontong juga dapat memenuhi barangnya langsung dari brand sehingga memperoleh kepastian akan ketersediaan produk dan harga yang adil. Keuntungan lain yang diperoleh berupa layanan logistik dengan ongkos kirim gratis yang tiba keesokan harinya, bahkan di hari yang sama lewat layanan Grosir Pintar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.