Gaya Pemasaran Once

Semua orang butuh kegiatan marketing dalam kehidupannya, termasuk selebritis. Hal tersebut diakui oleh Once Mekel. Menurutnya, kegiatan marketing itu memang perlu dilakukan demi menjual produknya, dalam hal Once yang berprofesi sebagai penyanyi, produknya adalah, lagu, suara, dan penampilan.

“Marketing itu penting. Dalam kasus saya adalah menjual suara, lagu, dan penampilan,” terang Once yang ditemui di sela-sela waktu rehatnya ketika menjadi bintang tamu di acara Marketing Award 2013 di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta.

marketing award - once 3

Jika diperhatikan, memang banyak artis yang bolak-balik muncul di televisi untuk sekadar mengumbar sensasi atau memberikan cerita sedih. Ini merupakan salah satu cara untuk “memasarkan” diri ala selebritis. Dengan niat, agar namanya lebih dikenal oleh masyarakat.

Once yang juga seorang selebritis pun mengamini hal tersebut. Kendati demikian, pria yang memulai karirnya sebagai vokalis grup band Dewa 19 ini tidak mempermasalahkan cara terserbut. “Banyak artis yang wara-wiri di media, bukannya itu jelek atau saya nggak mau, tapi itu sudah banyak, jadi saya berusaha beda aja, dengan tidak terlalu mengekspos segala hal di media,” kata Once.

Strategi yang diterapkan Once

Demi membuat diri dan lagu-lagu yang dikeluarkannya semakin digemari khalayak, Once mengaku memiliki cara tersendiri, yaitu:

marketing award - once1Menjaga Kualitas

Kualitas adalah aspek yang paling utama dalam kegiatan pemasaran. Sekarang, bagaimana masyarakat akan suka bila produk yang Anda tawarkan tidak memiliki kualitas? “Saya harus yakin, bahwa aset saya baik dan berkualitas, mulai dari produk (lagu dan suara) serta diri saya pribadi. Saya sendiri juga harus pede dengan apa yang saya tawarkan,” tukas Once. “Saya nggak mau menjual batu dan bilang itu emas.”

Mempunyai Diferensiasi

Selain menjaga kualitas, memberikan diferensiasi juga perlu untuk dilakukan. Menurut Once, mengikuti tren yang ada dan ikut-ikutan hanya membuat sebuah produk berada di nomor 2, 3, atau seterusnya. Jadi sangat penting untuk memberi sentuhan yang berbeda. “Di zaman sekarang yang lagi musim rambut pendek, saya tetap tampil dengan rambut panjang,” candanya.

Selain kedua hal tersebut, cara lain yang menurut Once perlu untuk dilakukan para marketer adalah, keluar dari jalur mainstream dan pandai membaca tren. Artinya, Anda harus mampu memperkirakan tren apa yang akan tumbuh di pasar pada kurun waktu tertentu. Ini akan membuat produk Anda unggul dan selangkah di depan dari para kompetitor. “Lebih hebat lagi, kalau kita yang bisa menciptakan tren tersebut,” jelasnya.

O iya, ada sedikit bocoran nih buat Anda yang ngefans sama Once. Kabarnya, pada bulan Maret 2014 mendatang, Once akan menelurkan album baru. Meski belum mau mengatakan judul album atau lagunya, tapi ia sempat mengucapkan, bahwa materi di album barunya ini akan sedikit ngerock, enerjik, dan bersemangat, tidak galau seperti lagu-lagu sebelumnya.

“Marketing itu dimulai dari produk dan confidence,” jelas penyanyi yang memiliki suara tinggi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.