Gaya Video Pemasaran Ala Gangnam Style, Sesuaikah untuk Anda?

0
729

Marketing.co.id- Para marketer tentu tidak asing dengan video Gangnam Style. Video tersebut menjadi salah satu video yang paling sering dilihat dan disukai di YouTube sejak dirilis pertama kali pada Juli lalu. Selama kurun waktu enam bulan, video tersebut telah dilihat sebanyak 934,858,606 kali.

Hal ini menjadikan Gangnam Style sangat menarik untuk diteliti lebih jauh. Apa sebenarnya yang membuatnya begitu populer di dunia?

Unsur kejutan

Gangnam Style memiliki sekitar 22 lokasi berbeda dalam videonya. Hal ini membuatnya terlihat segar dan mengejutkan.

Ketika membuat video marketing, jangan membuat audiens bosan dengan latar yang itu-itu saja. Buatlah audiens terkejut dan bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya.

Humor

Humor merupakan alat yang hebat untuk terlibat sekaligus menghibur. Siapa yang tidak suka tertawa? Mencampurkan humor canggung – seperti  ketika Psy mencoba untuk berbaring di bahu seorang pria di sauna – merupakan metode yang bagus untuk menjaga orang tetap penasaran dan terhibur. Pastikan memasukkan unsur humor ke dalam video Anda.

Sex Appeal

Apakah daya tarik seks lebih menarik dari humor? Ternyata tidak jika Anda melihat jumlah penayangan video. Di video Gangnam Style humor terlihat lebih dominan, namun ia juga tidak mengabaikan unsur daya tarik seks.

Hal tersebut diwakili oleh kehadiran Hyuna, lead female dalam video tersebut. Menambahkan daya tarik seks dalam video penting, tetapi sebaiknya selalu mengambil tempat kedua setelah humor.

Kemewahan

Video Gangnam Style menunjukkan dengan jelas perbedaan kelas sosial. Ia berusaha menampilkan kemewahan yang mewakili masyarakat kelas atas. Hal ini menjadi penting untuk menunjukkan kelas dan kualitas bisnis.

Orang-orang ingin hidup dalam kemewahan, jadi tunjukkanlah apa yang ingin mereka lihat. Jangan lupa kaitkan dengan bisnis Anda dan bagaimana hal tersebut dapat mewujudkan mimpi mereka.

Penempatan Link

Penting mengetahui kapan dan di mana menempatkan link. Cara alami orang melihat sesuatu adalah dari kiri ke kanan. Link yang paling penting harus berada di sudut kiri atas di awal video dan di sudut kanan atas di akhir video.

Dalam Gangnam Style Nampak jelas bahwa link pertama adalah link langsung untuk mengunduh lagu mereka di iTunes. Hal ini dipasangkan dengan link di sisi kanan bawah untuk berlangganan ke saluran mereka.

Di akhir video (sebelum fitur ekstra) mereka memiliki link langganan di sisi kanan atas. Setelah fitur ekstra mereka memasang lagi link yang paling penting di sudut kanan atas untuk mengunduh lagu mereka.

Judul dan Deskripsi

Jaga agar tetap sederhana dan to the point. Gunakan kata kunci yang sudah populer pada target pasar tertentu. Psy menggunakan judul Gangnam Style karena Gangnam adalah nama distrik terkenal di Korea.

Pastikan untuk memberikan informasi yang rinci tentang video tersebut kepada audiens agar mereka tidak pergi mencari ke tempat lain. Buatlah deskripsi one-stop-shop untuk semua info yang mereka cari.

Banyak sekali video bisnis yang dibuat sangat serius! Yang mereka butuhkan hanyalah sedikit “Gangnam Style” sebagai bumbu agar video tersebut lebih hidup. (www.searchenginewatch.com)

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?v=9bZkp7q19f0′]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.