Gelar Munas, Nyoman Susila Kembali Jadi Ketua Umum ALSI

0
15

Nyoman Susila kembali menjadi Ketua umum Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) periode 2022-2024

Marketing.co.id – Berita Marketing | Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI) telah menyelenggarakan musyawarah nasional (munas) periode 2019 – 2022 di Kota Batu, Jawa Timur pada 9-10 November 2022.

Dihadiri pengurus dan seluruh anggota, acara diawali dengan sambuta ketua panitia Umi Fadhila, Ketua Umum ALSI Nyoman Susila, Kepala BSKJI Doddy Rahadi dan Sekda Batu Zadim Efisiensi yang dalam hal ini mewakili Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

Tema Diskusi Panel pada munas kali ini adalah Membangun Ekosistem Lembaga Penilaian Kesesuaian dalam Mendukung Kemandirian Sertifikasi Terakreditasi. Sebagai narasumber, Deputi Bidang Akreditasi BSN dan Sekretaris Jenderal KAN Doni Purnomo membahas pentingnya Akreditasi untuk Menjaga Imparsialitas Lembaga Penilai Kesesuaian.  Narasumber lainnya, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri BSSN Intan Rahayu membahas tentang UU Ni 27 tahun 2022 mengenai Perlindungan Data Pribadi.

Munas dilanjutkan dengan diawali oleh pembacaan tata tertib Sidang, Laporan pertanggungjawaban Pengurus oleh Ketua ALSI, penyampaian perubahan AD/ART serta  pemilihan ketua umum ALSI periode 2022 – 2025.

Didirikan pada 4 Juli 1996, ALSI beranggotakan 66  LPK (Lembaga Penilaian Kesesuaian) yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dimana bidang dari anggota ALSI terdiri dari berbagai lingkup sertifikasi seperti; Lembaga Penilai Kesesuaian Manajemen Mutu, Lembaga Penilai Kesesuaian Manajemen Produk,  Lembaga Inspeksi dan Laboratorium, Lembaga Usaha Pariwisata, Lembaga Sertifikasi Profesi, Litbang dan juga ISPO.

ALSI didirikan dengan tujuan untuk mengoordinir dan membina serta mengembangkan LPK guna meningkatkan daya saing usaha sertifikasi di Indonesia dan menjadi media komunikasi antar anggota untuk membahas problema yang berkaitan dengan LPK , serta menjadi mitra bagi pihak Regulator dan Pemerintah.

Selama periode 2019 hingga 2022, ALSI telah menyelesaikan beberapa program seperti peningkatan kompetensi para auditor anggota ALSI melalui pelatihan-pelatihan yang mendukung peningkatan kinerja dan bisnis anggota ALSI, SNI award, rapat-rapat oleh BSN, program dengan Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Pertanian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan dan program program lainnya. Disamping itu, ALSI juga melakukan kerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional untuk penguatan standardisasi.

Program yang akan dilanjutkan pengurus periode 2022-2025 antara lain adalah melanjutkan kerja sama dengan mitra LPK seperti BSN, kementrian lembaga yang terkait, pelatihan untuk meningkatkan kompetensi auditor anggota LPK,  kerja sama dengan kementrian pertanian untuk meningkatkan Pekebun sawit yang dapat memperoleh sertifikat ISPO, peluang sertifikasi baru dibidang perlindungan data pribadi, dan lainnya.

Laporan ALSI 2019-2022 diterima dengan baik oleh anggota ALSI yang hadir,  baik secara luring maupun daring. Sidang Munas yang diketuai oleh Hindarwati tersebut telah menjaring calon ketua umum dengan 2 kandidat hasil polling google form yaitu Nyoman Susila dan Cahyadi.

Pada 11 November, kembali diadakan pemungutan suara dari hasil google form oleh 52 Lembaga Penilaian Kesesuaian yang memilih dinyatakan Nyoman Susila kembali menjadi Ketua umum periode 2022-2024 dan untuk selanjutnya akan dibentuk kepengurusan baru.

Dalam sambutannya, ketua umum baru menyatakan akan melakukan survei keinginan dan harapan dari anggota untuk organisasi ALSI kedepan yang lebih baik. Sebagai penutup acara MUNAS 2022, seluruh pengurus dan anggota bersepakat bahwa ALSI kedepanya akan lebih meningkatkan pengembangan kinerja anggota dan organisasi secara keseluruhan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.