Genjot Bisnis di Awal Tahun

0
765

Marketing.co.id –  Apakah bisnis Anda kurang berkembang pada tahun kemarin? Atau masih ada kendala-kendala yang belum  terselesaikan pada bisnis tersebut? Jika terjadi seperti itu, momen awal tahun ini bisa dijadikan perubahaan ke arah yang lebih baik, atau paling  tidak merefleksikan tujuan yang baru.

Berikut ada beberapa cara untuk meningkat bisnis di awal tahun.

 

1. Coba nilai kinerja  tahun lalu

Sebelum bergerak di awal tahun, ada baiknya menilai kinerja kita pada tahun sebelumnya. Apa yang berhasil dan gagal dalam kinerja selama setahun. Apakah penjualannya meningkat? Kesalahan apa yang dilakukan pada tahun lalu? Dan bagaimana cara menghindari kesalahan tersebut?

Coba tanyakan pada pada diri kita, apa yang bisa dilakukan agar lebih baik di awal tahun ini? Intinya banyak mengevaluasi dan mengadakan perbaikan disegala lini dalam bekerja.

2. Lihatlah segala sesuatu dengan perspektif yang baru dan segar

Awal tahun sebenarnya kesempatan bagi kita untuk mengubah suatu bisnis menjadi  lebih baik lagi. Lihatlah tahun yang baru ini dengan perspektif yang baru. Siapa tahu dengan begitu kita bisa menemukan solusi-solusi  dalam menghadapi masalah-masalah yang pernah dihadapi di tahun sebelumnya.

Coba cari cara untuk menemukan sudut pandang yang baru dalam berbisnis. Kita bisa dapatkan ide-ide segar dengan membaca buku yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Atau mencari pengetahuan dengan berbicara kepada sesama pebisnis yang sudah berhasil.

Hal tersebut dapat  membantu kita menyegarkan pikiran, sekaligus menanamkan cara-cara baru dalam memandang sesuatu.

3. Selalu fokus kepada tujuan bisnis

Biasanya para pebisnis tidak fokus terhadap tujuan bisnis yang ada. Akibatnya bisnis yang dijalankan menjadi lambat  berkembang. Pikirkan kembali apa yang ingin kita capai tahun ini. Buatlah daftar tujuan untuk bisnis tersebut. Setelah itu, buat kegiatan khusus yang dapat membantu kita mencapai tujuan. Terakhir, jaga tujuan tersebut secara rinci dan terukur.

4. Buat kalender kegiatan

Hal ini penting dilakukan oleh para pebisnis. Mengapa? Hal itu dapat membantu para pebisnis mencapai tujuan bisnis yang telah dicanangkan. Coba masukan sistem perencanaan bisnis dalam kalender kegiatan tersebut. Buat target spesifik setiap bulannya. Contohnya, apa yang mau kita capai pada bulan Januari, Februari dan seterusnya.

Hal yang paling penting, harus ada pengingat yang bisa menjaga kita agar selalu konsisten dengan jadwal yang ada. Seperti dalam bentuk kalender outlook atau yang lainnya.

5.  Berani mempelajari sesuatu yang baru

Jangan pernah takut untuk mempelajari sesuatu yang baru, apalagi dalam bisnis. Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan, salah satunya mendapatkan ide untuk meningkatkan bisnis yang ada. Selain itu, bisnis tersebut bisa merambah ke wilayah-wilayah lain.

Dengan mempelajari sesuatu yang baru dalam bisnis, kita bisa melihat cara orang meningkatkan bisnis dengan  ide pemasaran dan promosi.

6. Memperluas jaringan bisnis Anda

Ini adalah sesuatu yang penting dalam menjalankan bisnis. Dengan mengenal banyak orang , maka akan membuka pintu bagi kita  dalam mendapatkan pelanggan baru, pemasok baru, investor baru, bahkan mentor baru.

Memperluas jaringan bisa dengan sering mengikuti pertemuan, kemudian bisa masuk ke situs media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Atau bergabung kedalam suatu jaringan bisnis yang lainnya. (Powerhomebiz/Hernawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.