Global Mediacom Terbitkan Obligasi dan Sukuk, Total Rp2,2 Triliun

Dana Obligasi dan Sukuk akan digunakan untuk Refinancing, modal kerja, dan pendanaan operasional

0
159
Global Mediacom Terbitkan Obligasi dan Sukuk, Total Rp2,2 Triliun

Global Mediacom Terbitkan Obligasi dan Sukuk, Total Rp2,2 TriliunMarketing.co.id – Berita Financial Services | PT Global Mediacom Tbk, mengumumkan penawaran umum berkelanjutan (PUB) III dengan menerbitkan Obligasi dan Sukuk mencapai total keseluruhan Rp2,2 triliun.

Rinciannya, emiten holding media grup MNC tersebut menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Global Mediacom dengan target dana Rp1,3 triliun, dan Sukuk Berkelanjutan III Global Mediacom dengan target Rp900 miliar.

Dari keseluruhan PUB ini, Global Mediacom menawarkan Obligasi Berkelanjutan Tahap I sebesar Rp700 miliar, dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap I sebesar Rp500 miliar.

Keduanya ditawarkan masing-masing dalam tiga (3) seri. Seri pertama Obligasi Berkelanjutan Tahap I, yakni Seri A memiliki tingkat bunga tetap mencapai 8-8,5% per tahun dengan jangka waktu 370 hari kalender sejak tanggal emisi.

Seri kedua yakni Seri B memiliki tingkat sebesar 9,5-10% pertahun dengan jangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi. Sedangkan Seri tiga yakni Seri C memiliki tingkat bunga 10,5-11% per tahun dengan jangka waktu 5 tahun sejak tanggal emisi.

Sebanyak dua surat utang ini dijamin dengan saham anak usaha PT MNC Digital Entertainment Tbk sebesar 125% dari total nilai pokok dan sisa imbalan ijarah.

Seluruh dana hasil obligasi ini nantinya akan digunakan untuk membayar obligasi berkelanjutan 1 Global Mediacom tahap 1 tahun 2017 seri A senilai Rp804 miliar yang jatuh tempo 7 Juli 2022. Adapun jumlah utang yang akan dibayar Rp694,5 miliar, sehingga saldo utang Rp110 miliar.

Sementara itu, dana hasil penerbitan Sukuk Ijarah Berkelanjutan III tahap I sebesar Rp213 miliar akan digunakan untuk pelunasan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Global Mediacom Tahap I. Adapun sisanya Rp283 miliar akan digunakan untuk modal kerja dan pendanaan operasional.

Para penjamin pelaksana emisi ini adalah PT MNC Securitas, PT Bahana Securitas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Sucor Securitas, dan PT Shinhan Securitas Indonesia.

Global Mediacom merupakan induk dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), yang bergerak di sektor bisnis media berbasis iklan dan konten. Sepanjang tahun 2021, Global Mediacom mencetak pendapatan Rp13,9 triliun, naik dari tahun sebelumnya Rp12 triliun. Laba bersih mencapai Rp2,39 triliun, naik dari Rp1,8 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.