Go Online, Go Internasional!

0
943

Tadi siang, saya dikejutkan oleh isi twit dari mbah blogger @ndorokakung yang isinya begini : Google membuka http://bisnisgoonline.co.id secara gratis. Bagaimana nasib lapak digital lokal?

Wah, apa ini?

Saya penasaran kemudian mencoba mengunjungi situs hasil kerja sama berbagai instansi besar, baik nasional maupun multinasional tersebut (www.bisnisgoonline.co.id). Yaitu hasil kerja sama antara Google, KADIN, PANDI, Multiply, Melsa, Aptikom, serta Bakrie Connectivity. Dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan!

Situs ini adalah perpanjangan tangan dari raksasa Google di Asia Tenggara dan sebagai bukti nyata mereka untuk mendukung perkembangan dunia usaha terutama di Indonesia yang diyakini tumbuh pesat beberapa tahun terakhir ini. Melalui situs ini mereka menyediakan layanan gratis untuk 100.000 UKM pendaftar pertama untuk mendapatkan sebuah website e-commerce dengan domain .co.id dan iklan adwords gratis seharga 500.000. Sungguh tawaran yang menggiurkan bukan?

Itu belum seberapa dengan keuntungan lain yang mereka janjikan, yaitu seperti yang dicantumkan dalam informasi situsnya : Kami menyingkirkan waktu, kesulitan, dan biaya untuk memperoleh situs web sehingga Anda dapat fokus terhadap perkembangan bisnis Anda. Ya, memang benar layanan ini sangat mudah digunakan bahkan untuk orang yang awam dunia online sekalipun karena berbasis SiteBuilder.

Eh, tunggu masih ada lagi. Layanan ini juga memungkinkan bisnis kita untuk langsung terintegrasi dengan Google Business Page dan fungsi G+ yang akan sangat memudahkan bisnis kita untuk ditemukan dalam mesin pencarian Google (yang kita tahu adalah mesin pencari terbesar dan terbaik sampai saat ini).

Lalu, tunggu apalagi? Mau daftar sekarang?

Sebentar, ini dia sedikit catatan saya tentang layanan tersebut.

  1. Kita ketahui bahwa banyak keuntungan yang dijanjikan bisnisgoonline.co.id untuk pengembangan UKM di Indonesia. Tentu ini sebuah peluang untuk perkembangan bisnis Anda. Tetapi jangan lupakan persaingan yang akan selalu ada dan terus meningkat seiring dengan mudahnya orang untuk berbisnis. Siapkan diri dan bisnis Anda sebelum persaingan tersebut melahap dan menggusur bisnis Anda. Bisa mulai dari perbaikan produk ataupun mendefinisi ulang strategi harga dalam bisnis Anda.
  2. Ini juga peluang untuk memasarkan bisnis Anda ke dunia internasional. Saya yakin banyak dari Anda yang bercita-cita untuk memasarkan bisnis Anda sampai ke manca negara. On line adalah salah satu caranya. Tetapi Anda sudah barang tentu wajib mengetahui segala seluk beluk mengenai perjual-beli-an internasional. Belajarlah pada orang-orang yang sudah sukses berbisnis ekspor maupun impor melalui online, semisal Tonton Taufik. Oh ya, jangan lupa untuk meningkatkan pemahaman Anda terhadap bahasa asing. Itu wajib hukumnya untuk bisa go internasional!
  3. Dalam uji coba pendaftaran situs ini ternyata juga diperlukan SIUP untuk mendaftarkan domain Anda. Padahal, sebagian besar UKM di Indonesia masih belum melengkapi perizinannya. Bahkan image bahwa bisnis online tidak perlu izin sudah terlalu kental di benak pelaku bisnis online itu sendiri. Lihat saja online shop yang saat ini sudah banyak menjamur dan coba Anda tanya apakah mereka punya izin? Atau lapak-lapak jual beli online di berbagai FJB yang omsetnya sebulan sudah mencapai angka puluhan juta pun jarang rasanya yang punya izin resmi. Nah, layanan ini juga mengajarkan bisnis Anda untuk taat aturan dan belajar menjadi perusahaan profesional. Untuk yang belum mengurus izin, segera urus karena itu sangat penting!

Terlepas dari 3 catatan di atas, saya sangat mengapresiasi adanya layanan ini. Bahkan memang dari sedari dulu saya juga memimpikan adanya layanan ini. Orang-orang semakin mencari kemudahan dan saat ini era masa depan tersebut sudah datang. Dengan www.bisnisgoonline.co.id bikin website untuk jualan tidak sesulit jaman dulu. Siap untuk go online = siap untuk go internasional!

 

Sumber

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.