GoTo Atur Strategi Menuju Profitabilitas, Genjot EBITDA yang Disesuaikan Positif pada Q4 2023

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, yang dikenal sebagai Grup GoTo, telah mengumumkan bahwa mereka mempercepat target pencapaian profitabilitasnya. Dalam pengumuman pada tanggal 16 Februari 2023, Grup GoTo mengungkapkan bahwa mereka berharap untuk mencapai EBITDA yang positif pada kuartal keempat 2023, sementara margin kontribusi Grup juga ditargetkan untuk positif pada kuartal pertama 2023, empat kuartal lebih cepat dari target sebelumnya.

Manajemen GoTo 2023
Manajemen GoTo

Target baru ini menunjukkan bahwa rencana strategis GoTo, yang mencakup optimisasi pendapatan, pengelolaan biaya, dan pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi, memberikan hasil yang diharapkan. Dengan mencapai target profitabilitas ini, Grup GoTo semakin dekat dengan arus kas operasional positif. Ini menunjukkan bahwa Grup GoTo terus berinovasi dan berusaha mencapai tujuannya sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan oleh Andre Soelistyo, Direktur Utama Grup GoTo, pada townhall yang dilaksanakan pada hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Perseroan menyampaikan strategi percepatan profitabilitas serta mengumumkan pada karyawan kebijakan untuk kembali bekerja di kantor untuk mempererat kolaborasi.

Andre Soelistyo, Direktur Utama Grup GoTo menjelaskan, “Keberhasilan bisnis kami selama ini diukur dengan  pertumbuhan usaha yang pesat, didorong oleh kemampuan ekosistem kami memberikan solusi dalam skala besar serta memberikan dampak positif pada konsumen, pedagang, mitra pengemudi serta masyarakat. Kini, setelah mencapai skala yang begitu besar, Perseroan harus menempuh langkah baru yang memprioritaskan profitabilitas secara berkesinambungan di atas pertumbuhan pesat. Hal ini dicapai dengan terus melakukan inovasi produk yang memastikan terciptanya nilai jangka panjang bagi GoTo dan para pemangku kepentingan.”

“Sepanjang tahun lalu, Perseroan telah menerapkan rencana matang untuk mempercepat langkah Perseroan menuju profitabilitas, berfokus pada optimisasi pendapatan, pengelolaan beban usaha secara disiplin, serta pengembangan berbagai produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi. Sebagai hasil dari pelaksanaan strategi yang terus berlangsung tersebut, Perseroan akan dapat mencatatkan EBITDA yang disesuaikan menjadi positif pada kuartal empat tahun 2023. Perseroan memiliki sumber daya manusia yang tepat, didukung oleh likuiditas yang mencukupi untuk melaksanakan rencana kami, sejalan dengan misi kami untuk membangun ekosistem teknologi paling berdampak di Indonesia, dan mampu memberi nilai positif bagi masyarakat.”

Jacky Lo, Direktur Keuangan Grup GoTo, menjelaskan “Perseroan sudah mencapai kemajuan yang sangat baik hingga hari ini. Margin kontribusi untuk kuartal keempat tahun 2022 telah melampaui pedoman kinerja Perseroan, sementara nilai transaksi bruto (GTV) dan pendapatan bruto berada dalam pedoman kinerja Perseroan. Hal ini menunjukkan Perseroan dapat terus tumbuh secara sehat sambil terus melaju cepat menuju profitabilitas. Perseroan melakukan kajian secara berkala untuk memastikan implementasi optimal dari strategi bisnis yang berfokus pada bisnis intinya. Di samping itu, Perseroan juga mempertimbangkan opsi untuk melakukan divestasi aset non-core, seiring dengan fokus mencapai target profitabilitas kami di akhir tahun ini.”

Goto punya tiga langkah strategis Perseroan yang telah diterapkan sejak awal tahun 2022, meliputi:

  • Optimisasi Pendapatan

Mencakup eksplorasi peluang untuk optimalisasi struktur komisi di unit bisnis On-Demand Services dan E-Commerce, termasuk yang telah diumumkan pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023 lalu. Selain itu, strategi ini juga meliputi pengembangan bisnis dengan margin pendapatan lebih tinggi, seperti iklan, layanan transportasi premium, serta produk pinjaman yang terus dikembangkan.

  • Pengelolaan Beban Usaha

Mencakup analisis menyeluruh yang dilakukan secara rutin terhadap tiap komponen beban usaha, untuk memastikan setiap biaya yang dikeluarkan memberikan imbal hasil yang optimal yang mendukung pencapaian target profitabilitas Perseroan. Hal ini antara lain meliputi optimisasi biaya insentif dan marketing yang lebih tepat sasaran, unifikasi poin penghargaan, serta inisiatif rasionalisasi biaya lain, termasuk pengembangan infrastruktur engineering bersama, piranti dan aplikasi middle layer, optimisasi beban operasional, serta peningkatan efisiensi dan efektivitas organisasi.

  • Pengembangan Produk berbasis Ekosistem Terintegrasi

Keunggulan kompetitif GoTo berada pada ekosistem produk yang meliputi layanan On-Demand Services, E-Commerce, dan Financial Technology. Perseroan akan terus mengembangkan produk-produk yang memanfaatkan keunggulan tersebut, sehingga mampu memberikan lebih banyak solusi bagi pelanggan dan mendukung pertumbuhan berkualitas secara jangka panjang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.