Tingkatkan Layanan, Grab Luncurkan Platform Pesan Instan

Marketingcoid – Setelah meluncurkan platform pesan instan GrabChat, kini Grab menjadi aplikasi pemesanan kendaraan pertama di Asia Tenggara yang menyediakan platform pesan instan dalam aplikasinya.

Aplikasi pesan instan grabchatSampai akhir minggu ini, rencananya GrabChat akan dihadirkan ke seluruh pengguna Android dan iOS secara bertahap. Selama periode uji coba, penggunaan platform ini akan melibatkan lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Asia Tenggara.

Hooi Ling Tan, Co-Founder Grab menjelaskan, GrabChat merupakan pembaruan fitur yang sederhana namun sangat bermakna. Fitur ini akan mempermudah dan mempercepat proses penjemputan penumpang.

Selama ini, banyak mitra pengemudi yang mengandalkan panggilan telepon dan SMS sebelum menjemput untuk dapat menemukan penumpangnya, mengabarkan waktu kedatangan, atau menginformasikan bahwa mereka sudah sampai di lokasi penjemputan.

Ketersedian GrabChat ini akan membantu mitra pengemudi berkomunikasi dengan penumpang dengan nomor luar negeri tanpa perlu khawatir akan biaya panggilan telepon yang mahal.

GrabChat menyediakan solusi komunikasi secara in-app kepada mitra pengemudi dan penumpang, sehingga dapat menekan biaya panggilan telepon atau SMS.

Selama masa uji coba beta testing di Malaysia dan Singapura misalnya, penggunaan GrabChat telah menghemat 85.000 SMS untuk pengemudi dan 45.000 SMS untuk penumpang hanya dalam waktu satu minggu.

Terlebih lagi, pengemudi dan penumpang dalam masa beta testing ini melihat pengurangan yang signifikan dari jumlah pembatalan tumpangan, dibandingkan dengan pengguna yang belum menggunakan GrabChat.

Dengan fitur ini, pengemudi dapat mengomunikasikan estimasi waktu kedatangan tanpa perlu menutup aplikasi, sementara penumpang dapat menerima umpan balik yang lebih responsif dan dapat mengomunikasikan posisi mereka.

Agar komunikasi antara mitra pengemudi dan penumpang aman, GrabChat dilengkapi dengan pesan-pesan template yang biasa digunakan pengemudi dan penumpang. Hal ini menghadirkan cara yang lebih aman dan nyaman bagi kedua belah pihak untuk berkirim pesan, hanya dengan sekali sentuh.

Selama periode beta testing, sebagian besar pesan yang dikirim mitra pengemudi merupakan pesan template untuk berkomunikasi dengan penumpang mereka, dengan tiga pesan yang paling banyak digunakan adalah, “Saya sudah sampai”, “OK”, dan “Saya akan tiba dalam waktu 2 menit.”

Untuk memudahkan pelancong di Asia Tenggara berkomunikasi dengan pengemudi lokal,  per akhir tahun ini GrabChat akan diperkuat dengan fitur auto translation. Bukan itu saja, Grab juga akan mengenalkan lebih banyak fitur-fitur lagi untuk GrabChat.

“Kami memiliki product roadmap yang dikembangkan dengan baik untuk meluncurkan fitur-fitur baru dan fungsi-fungsi yang lebih hyperlocal. Kami ingin menjadi pilihan tumpangan berkendara Anda di seluruh Asia Tenggara,” kata Hooi Ling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.