Graham Hills: Pentingnya Media Sosial di Mata Pelancong

0
1012
Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia

Graham Hills, Managing Director Wego IndonesiaWego Indonesia baru-baru ini melakukan survei secara global melalui kanal media sosial, situs pencari dan pembanding informasi perjalanan terkemuka di Asia Pasifik dan Timur Tengah.  

Dari survei tersebut ada indikasi penting bahwa media sosial berperan besar bagi responden dalam menentukan pilihan-pilihan mereka. Pada umumnya, orang suka liburan menyambangi destinasi baru sekaligus menunjukkan ke teman-teman mereka. Dengan media sosial yang dikuasai generasi muda saat ini, perilaku itu mendapatkan wadahnya.

Tanpa sengaja, media sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram menjelma menjadi media promosi tak resmi banyak destinasi baru di Indonesia. Berkat media sosial, banyak responden mengaku mengetahui destinasi lain yang luar biasa indah.

Sebanyak 156 dari 562 responden menyebutkan Bali sebagai destinasi yang harus dikunjungi minimal satu kali seumur hidup. Namun, mereka juga merekomendasikan sejumlah destinasi selain Bali. Seperti Bangka Belitung, Malang, Bukittinggi, Maluku, Raja Ampat, Alor bahkan Derawan.

“Media sosial memainkan peranan sangat penting dalam mempromosikan destinasi baru di Indonesia. Berkat media sosial, orang-orang di Indonesia jadi sadar bahwa mereka memiliki negeri luar biasa besar, indah dan kaya. Indonesia punya destinasi lengkap. Jadi, sangat masuk akal jika kini orang-orang Indonesia lebih tertarik untuk mengeksplorasi negeri mereka sendiri terlebih dahulu sebelum traveling ke luar negeri,” ujar Graham Hills, Managing Director Wego Indonesia.

Menurut Graham, media sosial membuat para traveler lokal terinspirasi menjajal destinasi baru yang indah, pengalaman traveling yang baru tanpa harus keluar jauh dari ‘zona nyaman’ mereka. “Paling tidak, untuk menjelajah ke destinasi-destinasi baru di Indonesia, para traveler lokal ini tak punya kendala bahasa dan makanan,” ujarnya.

Kecenderungan itu, selain terbaca dalam survei juga dapat dilihat dari aktivitas komunitas traveler di media sosial.  Wego Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang sangat aktif berkomunikasi dengan traveler Indonesia melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+

Berdasarkan data Social Bakers, Wego Indonesia termasuk lima besar perusahaan dengan tingkat engagement terbaik di Facebook sepanjang Oktober 2013. (***)

Editor: Wahid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.