Green Billboard?

MARKETING.co.id – Beberapa waktu lalu, melalui jejaring sosial, diterima berita bahwa dalam enam bulan ke depan bumi akan memanas sebanyak 4º dari sekarang. Saat ini, glasier Gunung Es Himalaya mencair dengan cepat. Iklim bumi berubah dengan sangat drastis dan memburuk. Muncul ajakan bagi kebaikan bumi kita, dalam melawan pemanasan global. Hal kecil namun berdampak besar yang dapat dilakukan oleh setiap orang ialah melakukan “gerakan menanam pohon kembali”. Selain dengan menanam pohon kembali, hal mudah dan murah yang dapat dilakukan oleh setiap orang yaitu tidak menyia-nyiakan air, melakukan kegiatan positif yang biasa kita sebut dengan “3R” (reduce, re-use, recycle). Hal lain yang dapat kita lakukan ialah penghematan penggunaan listrik.

Semakin besarnya kesadaran masyarakat tentang pemanasan global akan membuat mereka bergerak untuk melakukan pencegahan atau mengurangi aktivitas-aktivitas yang menyebabkan pemanasan global. Oleh karena itu, sebagian besar negara di dunia sedang mencari cara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, yang hingga saat ini belum bisa ditangani secara signifikan.

Lalu, bagaimana industri billboard sebagai media luar ruang dapat juga memberikan sumbangsih dalam menjaga lingkungan?

Pertumbuhan industri modern dalam menghasilkan produk ramah lingkungan sudah semakin banyak. Mulai dari industri otomotif dengan produk green car-nya atau disebut hybrid; hingga industri teknologi tinggi, semisal komputer yang semakin hari semakin tipis, ringan, dan hemat energi. Jika kita lihat, pada billboard pun sudah mulai ada pergeseran, dari konvensional ke LED. Yang tadinya menggunakan lampu sorot yang memerlukan energi besar untuk menyalakan, kini sudah menggunakan lampu LED yang jauh lebih irit daya listriknya.

Selanjutnya, sudah cukupkah dengan itu untuk menjadikan green billboard? Ternyata masih banyak inovasi yang bisa dilakukan. Ide kreatif benar-benar diperlukan di sini. Mulai dari desain hingga aplikasi yang benar member dampak pada lingkungannya. Para pemasar pun diajak untuk membuat inovasi promosi bagi produk mereka. Dengan begitu, masyarakat akan mengingat dan tertarik.

(AdyoBw, Billboardone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.