Hadapi Ramadhan, XL Perkuat Layanan dan Jaringan

MARKETING, Jakarta – Memasuki bulan suci Ramadhan, secara khusus PT XL Axiata Tbk (XL) menghadirkan berbagai layanan telekomunikasi yang mendukung aktivitas religi pelanggannya, berupa “Program Xensasi Ramadhan” yang meliputi berbagai layanan bagi pelanggan XL Prabayar dan XL Pasca bayar untuk menelpon maupun SMS, internet, serta berbagai konten inovatif dan Islami, program kompetisi Xensasi Gaya Ramadhan untuk anak muda, hingga posko mudik untuk membantu pelanggan yang akan pulang kampung. Untuk itu,  XL telah mempersiapkan jaringan sinyalnya, sehingga mampu menampung dua kali lipat kapasitas pada saat hari-hari biasa di jalur tujuan mudik. Demikian diungkapkan Direktur Marketing XL  Joy Wahjudi saat acara peluncuran Program Xensasi Ramadhan yang dilakukan di Hotel JW Marriot Jakarta (5/7) lalu, yang turut dihadiri oleh jajaran manajemen XL, diantaranya Direktur Keuangan XL Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, dan Direktur Komersial XL Nicanor V. Santiago III.

“Lonjakan trafik pasti akan terjadi khususnya menjelang lebaran. Untuk itu kami telah mempersiapkan jaringan XL sehingga mampu menampung dua kali lipat kapasitas pada saat hari-hari biasa di jalur tujuan mudik. XL juga memperkuat jaringan di kota-kota yang menjadi jalur mudik sehingga pelanggan bisa berkomunikasi dengan lancar ketika mudik“ ungkap Joy Wahjudi.

Jaringan XL saat ini diperkuat dengan lebih dari 30.000 BTS (2G/3G), jaringan HotRod 3G+, serta jaringan fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke pulau Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. Diharapkan dengan ketersediaan infrastruktur jaringan tersebut, XL akan menyediakan akses data, percakapan serta SMS yang berkualitas bagi pelanggan XL selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Saat ini, sambungnya, untuk trafik SMS di hari-hari normal mencapai sekitar 600 juta SMS per hari. Sementara trafik percakapan mencapai sekitar 660 juta menit per hari dan trafik data 52 terrabyte. Diperkirakan di Lebaran tahun ini akan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30%.

Sementara itu, selama bulan Ramadhan, baik pelanggan XL Prabayar maupun Pasca Bayar dapat mengakses berbagai macam konten bertemakan Islami. Mulai dari games, RBT, Siraman Qalbu, Tausyiah, dan kumpulan doa. Untuk pelanggan XL yang mudik, XL menyediakan layanan konten Info Mudik yang berisikan seputar informasi panduan bagi pelanggan yang menyangkut berbagai informasi seputar fasilitas pendukung selama perjalanan mudik, seperti info jadwal sholat sesuai lokasi, jalan alternatif, info titik kemacetan, lokasi ATM, rumah makan, bank, Pom Bensin, kantor polisi, rumah sakit, dsb. Konten-konten menarik tersebut bisa diakses melalui *123*600#.

Tidak ketinggalan, XL juga melengkapi layanan dengan paket bundling ponsel dengan harga yang sangat terjangkau. Mengambil tema “XL is a home for smartphone”, paket bundling yang ditawarkan  merupakan kerjasama dengan Samsung, Nokia, Sony Mobile, HTC. Bagi pelanggan yang ingin berbagi dan beramal, XL kembali menjalin kerjasama dengan PKPU serta Dompet Dhuafa juga menyediakan program XL SMS Infak dan SMS Wakaf senilai Rp.2.000 dan Rp.5.000. Kedua program amal ini dimulai dari tanggal 10 Juli sampai 5 September 2012. Menjelang Lebaran, XL juga akan menggelar Xensasi Mudik Mantep dan Xensasi Zona Mudik. Xensasi Mudik Mantep merupakan kegiatan mudik bareng 1000 top XL Frontliner dan non tradisional Frontliner, sedangkan Xensasi Zona Mudik adalah zona peristirahatan khusus untuk pelanggan XL yang akan tersebar di 10 titik terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara di beberapa wilayah di Indonesia.

Xensasi Gaya Ramadhan

Selain layanan promo, XL juga meluncurkan program kompetisi “Xensasi Gaya Ramadhan” yang mengkombinasikan aktivitas penggunaan internet, konten, religi dan musik. Panitia “Xensasi Gaya Ramadhan” akan mengunjungi 1.000 sekolah yang berada di kota Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, dan Makassar untuk audisi lomba lagu religi Xensasi Gaya Ramadhan. Para peserta harus merekam penampilannya saat menyanyikan lagu religi, baik dengan atau tanpa iringan musik, dengan genre dan aliran musik apapun. Sebelum rekaman tersebut diunggah ke portal Musikamu (m.musikkamu.com), peserta harus terlebih dahulu menjadi fans dari fanpage facebook XL Rame dan follow akun twitter XL di @XL123.

Di portal Musikamu, semua orang yang mengakses portal tersebut dapat melakukan voting untuk setiap rekaman peserta. Untuk itu, peserta dapat membagikan link rekamannya ke siapa saja. Juri dan pihak XL kemudian akan memilih 20 peserta terbaik dari setiap kota yang akan mengikuti babak final regional. Selanjutnya, dua peserta terbaik dari setiap kota akan berhak mengikuti babak final di Jakarta. Pemenang akan mendapatkan hadiah menarik dan kesempatan merekam single dan membuat RBT. Lagu para pemenang akan dimasukkan dalam portal Musikamu. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.