Hai Bos, Jangan Katakan Ini Pada Karyawan Anda! (Bagian 2)

kepemimpinanBerikut lanjutan dari 17 hal yang tidak boleh dikatakan atasan kepada bawahannya.

11. “Biarkan saya saja yang mengerjakan”

Bisnis tidak akan berkembang jika Anda mengerjakannya seorang diri. Jika Anda merasa perlu mengambil alih setiap pekerjaan yang sulit, karyawan tidak akan pernah belajar untuk menjadi mandiri.

Berikan kesempatan kepada setiap orang untuk dapat berhasil dan bimbing tim manajemen untuk melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, Anda akan membangun perusahaan yang lebih kuat.

12. “Apa yang Anda lakukan sudah cukup baik”

Ketika seorang karyawan minta penilaian Anda terhadap pekerjaan yang sudah mereka lakukan, jangan pernah mengatakan mereka sudah melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Apabila karyawan minta penilaian, hal tersebut mencerminkan adanya potensi dalam diri mereka, serta adanya keinginan untuk berkembang dan menjadi lebih baik.

Pada umumnya, kita mengetahui hal apa saja yang dapat kita lakukan dengan baik, tetapi, sering kali kita tidak tahu apa yang dapat kita tingkatkan. Sangat disayangkan jika Anda memberitahukan kepada seseorang bahwa mereka sudah mengerjakan suatu hal dengan cukup baik tanpa memberikan masukan.

13. “Ini perusahaan saya!”

Secara resmi, Anda memang pemilik perusahaan, tetapi Anda tidak bisa memimpin suatu perusahaan jika Anda tidak memiliki pengikut. Meskipun Anda pemilik perusahaan, Anda tidak perlu bersikap sombong.

14. “Itu masalah Anda”

Mempunyai sikap bahwa semua tugas adalah “tanggung jawab bersama” dengan karyawan adalah penting, karena sikap ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Jika seorang karyawan merasa Anda mau terlibat dalam semua tugas di perusahaan, karyawan akan merasa dihargai dan memandang tugasnya sebagai bagian penting dari tujuan besar.

15. “Ini hanya klien kecil”

Mengajarkan karyawan untuk membedakan klien besar dan klien kecil adalah kesalahan besar. Hal ini akan memperburuk kualitas layanan pelanggan perusahaan dan akan menimbulkan perdebatan di antara karyawan mengenai pembagian klien.

16. “Jawabannya adalah PR”

Walaupun media atau  press relations penting, karyawan perlu tetap bekerja untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk. Jika hanya mengandalkan press relations, hal ini memberi kesan bahwa produk sudah sempurna dan kesuksesan berada di luar kendali setiap orang yang terlibat. Kesuksesan produk adalah tanggung jawab semua karyawan.

17. “Saya tidak peduli dengan pendapat Anda”

Kalimat ini memiliki banyak arti. Bagaimanapun arti dari kalimat ini, kalimat “Saya tidak peduli” akan mempersulit adanya komunikasi lebih lanjut. Hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak mau mempertimbangkan perasaan orang lain maupun ide mereka. Menyalahgunakan jabatan Anda sebagai pemimpin akan memperburuk lingkungan kerja.

Hal-hal di atas bukan perkataan yang cocok untuk diucapkan oleh seorang atasan kepada anggota tim mereka. Faktor yang paling penting adalah nada bicara dan situasi serta kondisi di saat seorang atasan mengatakan hal tersebut.

Saya selalu memberi pujian di depan umum: semakin banyak pujian yang bisa saya sampaikan kepada karyawan saya, semakin bagus. Tetapi ketika saya ingin menyampaikan suatu kritik, atau sesuatu yang dapat dianggap sebagai kritik oleh orang lain, saya menyampaikannya secara pribadi. Karena ketika atasan berbicara, entah itu hal baik maupun buruk, semua orang akan memperhatikan.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu

Artikel ini ditulis oleh Dave Kerpen, CEO Likeable Local – sebuah startup social media untuk bisnis kecil. Anda bisa melihat artikel aslinya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.