Hari Belanja Brand Lokal Bakal Diikuti 1.000 Brand

Marketing – Selama krisis Covid-19 banyak bisnis brand lokal mengalami penurunan penjualan hingga 50%. Tentu hal ini memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah UMKM.

Hal inilah yang mendorong inisiatif para pelaku bisnis, khususnya brand lokal untuk menggelar “Hari Belanja Brand Lokal”, yakni festival belanja online bagi brand lokal pertama di Indonesia, yang akan diselenggarakan pada 25-27 April 2020 mendatang.

Panitia Hari Belanja Brand Lokal, Achmad Alkatiri, menjelaskan, disaat seperti inilah pelaku bisnis harus bersatu dan saling mendukung menjadi hal yang krusial. Inisiatif ini tidak hanya mengenai promosi kepada konsumen, tapi juga solidaritas antar sesama brand lokal.

Jadi akan ada program sharing dari brand lokal yang lainkelas online keuangan bisnis, tips, dan hal-hal lainnya yang membuat pemilik brand lebih siap menghadapi krisis. “Hari Belanja Brand Lokal diorganisir oleh dan untuk brand lokal Indonesia,” ucap Achmad.

Lanjut Achmad, melalui inisiatif ini, pihaknya ingin mengajak ribuan brand lokal di Indonesia untuk menyatukan suara, pengalaman, ide, inovasi dan promosi pada 25-27 April nanti. Semuanya secara online. Sudah saatnya brand lokal mengambil perhatian lebih dari masyarakat Indonesia, karena secara kualitas, desain dan harga, produk lokal kita sudah tidak kalah dari merk global.

Rencananya, Hari Belanja Brand Lokal ini akan diikuti oleh lebih dari 1.000 brand lokal di Tanah Air. Dimana, 3 hari sejak pendaftaran dibuka, panitia penyelenggara telah mencatat ada 476 brand lokal yang telah terdaftar, dengan komposisi 68% dari kategori fashion.

Yukka Harlanda, Founder & CEO Brodo menambahkan Brodo bangga bisa ikut menginisiasi dan menjadi bagian dari Hari Belanja Brand Lokal. Inisiatif ini akan membantu membentuk support system untuk teman-teman brand lokal di Indonesia kedepannya.

“Kekuatan sesungguhnya dari brand lokal adalah sense of community kita, bersama-sama kita saling membantu untuk tetap tangguh merespon situasi, karena kompetisi kita sebenarnya adalah brand luar. Hanya dengan semangat gotong royong lah ini bisa kita lalui bersama-sama,” ucapnya.

Dengan adanya Hari Belanja Brand Lokal ini, Ben Wirawan, Founder & CEO Torch berharap lebih banyak lagi brand-brand lokal yang tumbuh dan berkembang menjadi favorit masyarakat dan mengurangi dominasi produk impor. Torch senang bisa ikut menginisiasi dan berpartisipasi,” tutupnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.