Hari Kesehatan Nasional, Forvita Beri Edukasi “Bebas Lemak Trans, Bebaskan Hidupmu”

0
15
Forvita

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus dijaga dengan baik. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesehatan adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tentunya, makanan yang dikonsumsi oleh tubuh adalah makanan yang lezat namun juga sehat.

Forvita

Saat sibuk menjalani aktifitas sehari-hari, sulit untuk memilih makanan yang sehat dan bebas lemak trans. Belum lagi kekhawatiran akan bahaya lemak di dalam makanan. Satu tantangan dikala sibuk sehari-hari bagaimana caranya untuk dapat memastikan gizi yang baik untuk diri sendiri dan keluarga.

Dr dr Luciana Sutanto, MS SpGK, dokter spesialis gizi klinik menjelaskan, lemak trans adalah lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak pada lemak, yang juga dikenal sebagai trans fat atau asam lemak trans. Asam lemak terdiri dari dua macam, yakni asam lemak yang terbentuk secara alami dan asam lemak buatan.

Adapun manfaat lemak bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi, komponen membran sel dan regulator fisiologi, berfungsi sebagai proteksi (melindungi organ tubuh, sebagai insulator yang memberikan rasa kenyang, memberikan rasa enak pada makanan, serta mengikat vitamin (vitamin A, D, E, K) Namun harus dibatasi konsumsinya sesuai dengan kebutuhan lemak kita yaitu sekitar 25-45% dari kebutuhan total kalori sehari-hari.

Brand Manager Food Category -PT Bina Karya Prima, Roland Octasilva Layandi, menjelaskan, bahwa margarin Forvita merupakan margarin yang bebas lemak trans. Hal ini terjadi karena proses pembuatan Forvita yang menggunakan proses fisika (melalui proses fraksinasi yaitu pemanasan dan penyaringan secara berulang-ulang) dimana hal ini akan menyebabkan pemisahan antara fraksi cair (cooking oil) dengan fraksi padat (margarin).

“Jika dibandingkan dengan proses pembuatan margarin pada umumnya yang menggunakan proses hidrogenasi yang menyebabkan ikatan lemak nabati berubah, sehingga lemak trans lebih rentan untuk terbentuk,” ujar dia.

Victor Agustino, celebrity chef, memberi contoh bahan makanan yang mengandung lemak tak jenuh yaitu salmon, ikan, dan alpukat, yang langsung diolah menjadi makanan yang sehat dan enak. Tips yang dibagikan chef Victor dalam mengolah salmon dan alpukat ini dilakukan dengan menggunakan margarin Forvita agar kandungan gizinya tetap terjaga dalam masakan.

Asmirandah, public figure & supermom, berbagi pengalaman memilih masakan bergizi dan menjadi sumber energi bagi keluarganya. Padatnya kegiatan suami yang bekerja dari pagi hingga malam, serta anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kebutuhan akan lemak sebagai sumber energi dan pelarut vitamin A, D, E, K selalu diperhatikan olehnya, sesuai dengan usia dan kebutuhan gizi masing-masing anggota keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.