Tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Marketing Indonesia. Marketing dalam suatu perusahaan memiliki peran yang sangat penting karena merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga terjalin hubungan dengan para pelanggan.
Salah satu tugas penting bagi pemasar/marketer adalah dengan terus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan tersebut dan bahkan pelanggan yang benar-benar puas dapat merekomendasikan kepada pelanggan lain mengenai produk maupun perusahaan. Semua kegiatan perusahaan harus dicurahkan untuk mengetahui apa yang menjadi kegiatan konsumen dan kemudian memuaskan keinginan-keinginan pelanggan tersebut.
Lima tahun lalu, tepatnya pada 1 April 2014, majalah MARKETING dan Frontier Group bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), dan Asosiasi Pusat Belanja Indonesia (APPBI), mencanangkan tanggal 1 April sebagai Hari Marketing Indonesia (HAMARI). Peresmiannya dilakukan oleh menteri Marie E. Pangestu.

Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia. Namun demikian, untuk bersaing di lingkup bisnis internasional, kekuatan sumber daya haruslah diimbangi dengan kemampuan memasarkan (marketing) diri. Marketing menjadi kunci keberhasilan karena untuk menguasai pasar, diperlukan kemampuan menciptakan produk sesuai kebutuhan, yang diiringi dengan kreativitas dan inovasi.
Selain itu, marketing dalam suatu perusahaan punya peranan sangat penting karena merupakan ujung tombak dalam memenangkan persaingan pasar. Saatnya perusahaan harus melakukan perubahan besar di bidang marketing dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini. Semua aktivitas perusahaan harus dicurahkan untuk mengetahui hal-hal terkait dengan perubahan perilaku pasar sebagai dampak kemajuan teknologi.
Hari Marketing Indonesia (HAMARI) menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan segala kreativitas dan inovasi melalui program serta aktivitas marketing yang kreatif sehingga mampu menciptakan value bagi konsumen.
Dengan semangat Hari Marketing Indonesia, mari tingkatkan kreativitas dan inovasi para marketer Indonesia. Jadikan Hari Marketing Indonesia sebagai hari terbaik untuk para marketer Indonesia, merenungkan perubahan-perubahan besar dalam bidang marketing. Perubahan yang memberi kesempatan marketer melakukan lompatan besar.