[Hasil Survei] Pandemi, Gaji di Bawah Rp5 Juta Lebih Pede Beli Barang Branded Ketimbang Gaji di Atas 20 Juta

Marketing.co.id – Berita marketing | Dalam Berita Resmi Statistik terkait Ekonomi Indonesia di Kuartal III 2020 yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dari lapangan usaha sektor akomodasi dan makan minum tumbuh 14,79% secara triwulanan. Apakah hal itu diikuti keinginan masyarakat untuk melakukan pengeluaran yang bersifat hiburan dan konsumsi?

Menurut Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek, keinginan masyarakat melakukan pengeluaran untuk berlibur, perawatan kecantikan dan kesehatan, atau belanja barang-barang branded masih belum pulih.

Baca Juga: Social Distancing, Hotel Budget 20-3-0 Kamar Berpotensi Paling Diminati

Meski demikian, masyarakat terlihat mulai tertarik melakukan pengeluaran yang berhubungan dengan gaya hidup dan hiburan, yang pada awalnya cukup dihindari di awal pandemi. Berikut adalah paparan mengenai beberapa keinginan masyarakat untuk melakukan pengeluaran untuk hiburan dan gaya hidup.

Masyarakat lebih suka staycation, okupansi hotel bakal pulih?

Sebelumnya, BPS sempat mengumumkan bahwa tingkat okupansi hotel di Agustus 2020 mulai menggeliat. Sempat hanya berada di level 28,07% pada Juli 2020, okupansi hotel di bulan Agustus naik jadi 32,93%.

Bersamaan dengan itu, Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek yang dirilis Lifepal ini mencatat aktivitas hiburan yang paling dipilih masyarakat di masa pandemi adalah staycation (menginap di hotel) di dalam kota, diikuti melakukan perawatan tubuh dan kulit, dan traveling ke luar kota.

Baca Juga: Melalui Teknologi, Okupansi Hotel Lokal Meningkat Hingga 90%

Adapun pengeluaran yang saat ini masih belum menarik hati masyarakat adalah belanja barang branded dan traveling ke luar negeri. Survei ini pun mencatat bahwa keinginan masyarakat menabung di masa pandemi telah mencapai 73,6%.

Masyarakat berpenghasilan berapa yang keinginan rekreasinya rendah?

Survei membuktikan bahwa responden dengan tingkat pendapatan bulanan Rp10 hingga Rp20 juta adalah yang memiliki keinginan tertinggi untuk melakukan pengeluaran untuk berlibur, rekreasi, dan merawat tubuh. Lantas, bagaimana dengan responden di kategori penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan?

Baca Juga: Pasca Pandemi, Saatnya Menjadi Tuan di Negeri Sendiri

Keinginan responden berpenghasilan di bawah Rp 5 juta untuk melakukan perawatan kulit dan tubuh, serta traveling ke luar kota menjadi paling rendah dibanding responden dengan kategori penghasilan lainnya.

Responden dengan kategori penghasilan Rp10 hingga Rp20 juta juga cenderung lebih tertarik membeli barang branded, berkunjung ke tempat rekreasi, atau traveling ke luar negeri ketimbang responden dengan penghasilan Rp5 hingga Rp10 juta.

Yang tak kalah unik, responden bergaji di bawah Rp5 juta lebih berkeinginan melakukan pengeluaran dalam membeli barang branded (29,5%), ketimbang responden yang bergaji di atas Rp 20 juta (27,3%), meskipun hanya terpaut 2 persen saja. Uniknya, bicara soal traveling ke luar negeri, keinginan responden dengan penghasilan di bawah Rp5 juta jauh lebih tinggi ketimbang responden berpenghasilan di atas Rp20 juta. Mereka bahkan menduduki posisi kedua teratas.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Memaksimalkan Pendapatan Hotel

Itulah paparan mengenai keinginan masyarakat untuk melakukan pengeluaran rekreasi dan berlibur di masa pandemi pada Triwulan IV 2020. Pada intinya, laju pertumbuhan PDB dari sektor lapangan usaha akomodasi dan makan minum tumbuh secara kuartalan, namun dilihat secara tahunan, nilainya masih -11,86%.

Beberapa hal yang masih menghambat pertumbuhan di sektor ini adalah belum pulihnya kunjungan wisatawan. Selain itu, kegiatan-kegiatan rapat atau training yang umumnya diselenggarakan di hotel juga mulai dikurangi dan dialihkan menjadi bersifat virtual.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.