Hati-hati 1 dari 6 Kanker Seluruh Dunia Disebabkan oleh Infeksi

0
756

Marketing.co.id- Kanker adalah suatu penyakit yang menakutkan bagi manusia. Maka dari itu kanker termasuk salah satu penyakit mematikan di dunia. Selain itu, baru-baru ini studi terbaru mengungkapkan satu dari enam kasus kanker di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi.

Dari 12,7 juta kasus kanker yang terjadi pada tahun 2008, sekitar 2 juta, atau 16 persen, disebabkan oleh infeksi seperti human papillomavirus (HPV),  virus hepatitis B, dan virus Epstein-Barr.

Sebagian besar kasus infeksi terkait kanker sebetulnya dapat dicegah. Misalnya, vaksin tersedia melindungi terhadap strain utama HPV, yang menyebabkan kanker serviks, dan terhadap hepatitis B, yang dapat menyebabkan kanker hati.

Mayoritas infeksi terkait kasus kanker terjadi di negara-negara berkembang. Para peneliti dari badan internasional untuk penelitian kanker di Lyon, Perancis, menggunakan data pada kejadian 27 jenis kanker di 184 negara di dunia.

Data-data penyebaran kanker yang disebabkan infeksi itu bisa bervariasi secara luas di seluruh dunia, seperti di Australia dan Selandia Baru sebanyak 3,3%,  Amerika Utara  4%,  di sub-Sahara Afrika 32,7%, dan di negara berkembang sekitar 23% , serta di negara maju hanya 7,4%.

Untuk 1,9 juta kasus kanker di dunia disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori (yang menginfeksi usus), hepatitis B dan virus C dan papillomaviruses.  Disamping itu sekitar setengah dari semua kasus infeksi yang berhubungan dengan kanker pada wanita adalah kasus kanker serviks.

Menurut Dr Goodarz Danaei, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard di Boston, menunjukkan temuan  bahwa potensi untuk program pencegahan dan terapeutik di negara-negara kurang berkembang secara signifikan mengurangi beban kanker global dan kesenjangan besar antar daerah dan negara.

“Karena vaksin yang efektif dan relatif murah untuk HPV dan hepatitis B yang tersedia, meningkatkan cakupan harus menjadi prioritas bagi sistem kesehatan di negara beban tinggi,” kata Danaei.

Menyebarnya dua juta kasus kanker di seluruh dunia disebabkan oleh sebagian besar infeksi dan dapat dicegah.

myhealthnewsdaily

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.