Hatta Rajasa di Social Media Award 2013: Media Sosial Adalah Era Baru The Critical Mass

0
767
Hatta Rajasa menyampaikan sambutan dalam acara Social Media Award 2013
Hatta Rajasa menyampaikan sambutan dalam acara Social Media Award 2013

Seperti yang sudah kita ketahui dan pahami, sifat masyarakat yang lebih berani bersuara di dunia maya ketimbang di dunia nyata membuat sosial media semakin hidup. Coba perhatikan, cukup banyak bukan tweet yang bunyinya curahan hati, namun pada kenyataanya, tidak ada orang yang mau bercerita masalah pribadinya kepada setiap orang. Padahal media sosial bisa diakses oleh semua orang.

Hal itu menjelaskan, bahwa khalayak bisa lebih berani untuk mengkritisi berbagai hal lewat media sosial, jika dibandingkan dengan di dunia nyata.

Fenomena seperti ini tampaknya juga di perhatikan oleh Hatta Rajasa, Menko Perekonomian Republik Indonesia ini menjelaskan, bahwa media sosial adalah awal dari kebangkitan era baru pembawa The Critical Mass.

“Ini adalah era baru untuk bangsa kita, ada sebuah kekuatan baru yang disebut sebagai sosial media yang mampu memberikan The Critical Mass,” ucapnya di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta  pada acara Social Media Award yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2013 lalu.

Critical mass sendiri merupakan sikap kritis yang dimiliki oleh seluruh elemen masyarakat dalam segala hal, khususnya untuk membangun dan memperbaiki bangsa ini.

“Critical mass sangat penting dimiliki oleh sebuah bangsa jika bangsa tersebut ingin maju,” terang pria yang kala itu mendapat penghargaan, Tokoh dengan sentiment positif di media sosial, bersama dengan Joko Widodo dan Mahfud MD.

“Media sosial bisa menjadi partner yang baik, bisa juga menjadi daya dobrak terhadap kebuntuan, bisa menjadi daya kritis yang hebat dalam kebijakan, serta bisa juga memberi dukungan yang kuat dalam kebaikan. Ini juga merupakan kekuatan masyarakat kelas menengah dan kaum pelajar dalam upaya untuk membuka sebuah cakrawala baru,” tambah pria berambut perak tersebut.

Hatta Rajasa menerima penghargaan Social Media Award 2013
Hatta Rajasa menerima penghargaan Social Media Award 2013

Kendati demikian, pria pemilik akun Twitter @hattarajasa ini mengaku tidak sering mengupdate status. “Paling hanya seminggu hingga sebulan sekali,” jelasnya singkat. Bukan berarti ada admin khusus yang mengelola Twitter berfollowers 300 ribu lebih itu, tapi ia hanya senang melihat informasi terkini.

“Saya cuma sering buka timeline, tujuannya adalah untuk melihat, kira – kira kebijakan pemerintah yang manakah yang bersinggungan dengan pendapat publik. Saya sangat yakin, apa yang ada di media sosial itu karena mayoritas mencintai kita,” ujar Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Hatta Rajasa juga menerima penghargaan Social Media Award 2013 untuk Tokoh yang Mendapatkan Sentimen Positif di Media Sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.