Honeywell Dukung Industri e-Commerce Indonesia

Marketing, Jakarta – Penjualan perdagangan online di Indonesia diperkirakan akan tumbuh hingga delapan kali lipat, dengan perdagangan elektronik formal mencapai $40 miliar dan perdagangan sosial hingga $25 miliar pada tahun 2022, dengan nilai total hingga $65 miliar.

Sebesar 30 persen dari transaksi tersebut adalah baru dan tidak akan terjadi tanpa perdangangan online. Selain itu perdagangan online juga diperkirakan akan menciptakan  peluang usaha yang setara dengan 26 juta lowongan kerja di tahun 2022.

Menurut McKinsey & Company, selain meningkatkan pendapatan, perdagangan online dapat memiliki dampak sosial yang lebih luas: contohnya 35 persen penjualan online dihasilkan oleh perempuan dan membantu penghematan 11 hingga 25 persen untuk pelanggan di luar Jawa.

Dengan pertumbuhan yang luar biasa ini, para pedagang dan distributor juga mulai memanfaatkan teknologi canggih agar dapat memenuhi tuntutan konsumen terkait pengiriman barang, seperti jadwal pengiriman yang lebih cepat dan biaya pengiriman barang yang lebih rendah.

Roy Kosasih, Presiden Honeywell Indonesia (kedua dari kiri) berfoto bersama pembicara lainnya usai acara diskusi

Membahas peluang di industri e-commerce, Honeywell menggelar diskusi dengan mengundang pembicara dari Blibli dan 8commerce. Turut berbicara di forum itu adalah Roy Kosasih, Presiden Honeywell Indonesia, Lisa Widodo, Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli, Subakti Setiawan, Managing Director Linc Group dan Ronny Ritongadi, CEO 8commerce.

“Sebagai pemimpin dalam transformasi digital IIoT, Honeywell berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dengan menghadirkan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan-tantangan utamanya,” ujar Roy Kosasih.

Roy menegaskan, Honeywell memiliki pengalaman global yang luas dalam membantu perusahaan ritel dan rantai pasokan di seluruh dunia, hingga mereka mampu mencapai kemajuan yang signifikan.

“Di Honeywell, kami membantu pemeran industri dengan menggunakan teknologi yang tepat dengan serangkaian solusi cerdas yang mampu memfasilitasi gudang dan rantai pasokan yang terhubung, di mana operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistim, perangkat lunak dan keras yang canggih, didukungan dengan sistim kecerdasan buatan dan teknologi komputer seluler,” papar Roy.

Sementara itu,  Kepala Operasi dan Manajemen Produk Blibli.com, Lisa Widodo mengungkapkan, pihaknya sudah menggunakan teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell.  E-commerce milik GDP Venture ini,  tumbuh dengan angka signifikan.  Sekadar catatan, untuk semester pertama 2019  pemesanan di Blibli.com meningkat 400 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Sementara jumlah merchant yang bekerja sama dengan Blibli.com juga meningkat hingga 250 persen.  Dengan peningkatan ini, tentu dibutuhkan alat yang mampuni untuk menunjang kinerja Blibli.

Menurut Lisa, teknologi dari Honeywell ini dapat memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

“Kami percaya bahwa supply chain adalah jantung perusahaan. Kami sekarang ini menggunakan produk Honneywell baru pada untuk picking dan handover, ini saja sudah membantu 20-30 persen efisiensi dalam bentuk waktu. Kalau skalanya lebih besar maka lebih besar lagi pengaruhnya terhadap efisiensi mengingat  stabilitas device tersebut jauh lebih stabil dari sekarang. Sebab, yang sekarang itu ngoprek saja, sekadar  Android Device saja, jadi konvensional,” paparnya

“Kami yang semula menggunakan sistem konvesional smartphone, kini telah beralih menggunakan teknologi Honeywell yang lebih canggih dan menjadikan operasional menjadi efisien dan  mencapai pertumbuhan pendapatan lebih tinggi dari sebelumnya,” sambung dia.

Solusi Ritel

Mulai dari etalase toko hingga ke gudang, solusi Honeywell ritel fokus agar karyawan dapat selalu menangani barang dagangan dan menggunakan aset dengan cepat, tepat, akurat, dan efisien.

Pelaku industri dapat selalu terhubung dengan pedangan lainnya dan pelanggan mereka hingga stok barang selalu diketahui, pemesanan berjalan secara otomatis dan setiap tahapan logistik dan serta proses perdagangan berjalan mulus tanpa hambatan. Hal ini semua dapat dilakukan berkat perangkat lunak dan solusi komprehensif yang dikembangkan oleh insinyur-insinyur Honeywell.

Selain itu, perusahaan ritel, e-commerce dan para pedagang juga bisa menggunakan teknologi Mobility Edge berbasis Android 11 yang sudah terbukti dipenjuru dunia.

Pusat Distribusi Terhubung  DC

Honeywell memiliki pengalaman dalam membantu DC (Distribution Center) untuk merampingkan dan menyederhanakan operasional e-commerce yang kompleks. HoneywellWarehouse Management System menyatukan peralatan otomatis, alur kerja, pesanan, dan tenaga kerja dalam platform terpadu agar operator pusat selalu dapat melihat setiap langkah secara real-time hingga efisiensi dapat selalu dijaga. Sistim ini mengelola setiap tahan operasional e-commerce, termasuk stok opnam toko dan pusat distribusi grosir secara efisien, tepat dan akurat.

Indonesia memiliki karakter distribusi yang kompleks dan logistik pihak ketiga (3PL) merupakan penggerak penting perdagangan e-commerce di Indonesia dengan pertumbuhan industri rata-rata 10% per tahun.

Teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell dapat membantu penyedia logistik memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas di dermaga pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.