HSBC Ingin Mantapkan Posisi sebagai Best Wealth Manager di Indonesia

Marketing.co.id  –  Berita Financial Services | Persaingan antar bank di kategori layanan Wealth Management tampaknya akan semakin ketat di sepanjang tahun 2023. Kategori layanan ini memang menjadi medan persaingan antar bank-bank besar, baik itu bank nasional maupun bank asing. Karena hanya di bank-bank besar sajalah biasanya orang kaya menyimpan dananya, dengan harapan dananya bisa terus berkembang dan menikmati berbagai layanan ekstra.

Di kuartal pertama 2023, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) memberikan tekanan persaingan kepada kompetitornya dengan berambisi memperkuat posisinya sebagai Best Wealth Manager di Indonesia

Sebagaimana disampaikan Lanny Hendra, Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia, layanan Wealth Management HSBC Indonesia bertumpu pada tiga pillar utama yaitu pengelolaan kekayaan, pendidikan internasional, dan penawaran eksklusif seputar lifestyle dan travel secara lebih berkesinambungan.

Pada pilar lifestyle dan travel, HSBC Indonesia membuat gebrakan dengan menawarkan beberapa fitur baru bagi nasabahnya yang sering pelesir ke luar negeri. Beberapa fitur terbaru bagi nasabah HSBC Premier yang gemar bepergian ke luar negeri meliputi, pemberian poin reward sebesar 5x untuk semua transaksi kartu kredit Premier Mastercard di dalam dan luar negeri, yang memungkinkan nasabah untuk melakukan perjalanan lebih sering melalui penukaran poin reward; nilai tukar mata uang asing yang kompetitif untuk segala transaksi di luar negeri, dan layanan antar jemput bandara. Selain itu, HSBC Indonesia juga memberikan fasilitas cicilan 0% selama tiga bulan untuk semua transaksi.

Baca juga: Total Dana Kelolaan Investasi BCA sudah Lebih dari Rp130 Triliun

“HSBC mengerti bahwa nasabah Premier kami semakin sering bepergian ke luar negeri baik untuk berlibur maupun kebutuhan bepergian lainnya. Oleh karena itu, fokus kami yang pertama di tahun 2023 ini adalah meningkatkan kenyamanan, keamanan, serta layanan bagi nasabah Premier kami yang senang bepergian melalui penambahan fitur pada kartu kredit Premier Mastercard,” ujar Lanny Hendra, Direktur Wealth dan Personal Banking HSBC Indonesia, di Jakarta, Rabu (8/3/23).

HSBC Indonesia
Jumpa pers kerjasama HSBC Indonesia dengan ANA

Untuk melindungi nasabah Premier selama perjalanan, pengguna kartu kredit Premier Mastercard juga mendapatkan layanan asuransi perjalanan gratis, dan proteksi pembatalan tiket dan bantuan medis untuk menjamin perlindungan optimal selama nasabah di luar negeri dengan kisaran hingga Rp 10,5 miliar.

Lalu, untuk akomodasi perjalanan ke luar negeri, HSBC Indonesia memperkuat kemitraan dengan perusahaan penerbangan nomor satu di Jepang, ANA. Keduanya sepakat untuk memberikan pengalaman dan penawaran isitmewa yang berkesan bagi nasabah Premier saat merencakan perjalanan mereka. Pilihan bermitra dengan ANA didasari oleh tingginya jumlah nasabah Premier HSBC yang bepergian ke Amerika Serikat dan Jepang selama lima tahun terakhir.

Di HSBC-ANA Travel Fair 2023 yang berlangsung pada 9 – 12 Maret 2023 di Laguna Atrium, Central Park Mall, HSBC Indonesia memanjakan nasabah Premier dengan harga diskon khusus rute Jepang dan Amerika Serikat dan Kanada, serta tambahan cash back hingga Rp 4 juta rupiah.

Sebagai maskapai partner, ANA menyediakan kursi kelas bisnis dengan harga khusus. “Kerja sama dengan HSBC memperkuat komitmen kami sebagai maskapai penerbangan nomor 1 di Jepang dan no.4 di dunia untuk menghadirkan perjalanan luar negeri berkesan bagi nasabah Premier HSBC,” ujar Akira Nishigori, Chief Representative ANA.

Data ANA menunjukkan, bahwa total jumlah penumpang udara dari Indonesia ke Jepang dan AS mencapai sekitar 130.000, naik 327% di sepanjang tahun lalu, dibandingkan dengan sebelum pandemi. ANA memprediksi, penerbangan ke Jepang dan AS akan terus meningkat positif di tahun ini seiring dengan penambahan frekuensi yang dilakukan maskapai, dan status endemi.

Baca juga: Danone Tandatangani MoU dengan Kemenparekraf dalam Membantu Pengembangan Desa Wisata

Akira menambahkan, sejumlah tujuan populer di Jepang yang menjadi favorit wisatawan Indonesia yakni Tokyo dan Osaka. Mayoritas konsumen affluent asal Indonesia mengunjungi Jepang dengan tujuan liburan, pendidikan, dan sebagainya.

Pertumbuhan Nasabah Kaya

Berdasarkan hasil riset dari Global Data “Indonesia Wealth Management: Market Sizing and Opportunities to 2026”, meskipun terjadi pandemi pada 2020, pasar nasabah makmur atau affluent tetap tumbuh 11,6%, dengan segmen high net worth (HNW) atau orang super tajir, meningkat 8,5% dan segmen kaya (mass affluent) naik 11,8%.

Riset Global HSBC menunjukkan, bahwa nasabah bersedia memprioritaskan perjalanan dan liburan serta memotong pengeluaran diskresioner lainnya untuk memastikan mereka dapat bepergian dengan operator tur yang mendapat manfaat dari perlindungan perjalanan. Di samping itu, terjadi peningkatan penggunanaan kartu kredit di luar negeri sebesar 260% dan pembelanjaan tiket penerbangan sebesar 242% yang dilakukan oleh nasabah HSBC Premier di sepanjang 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.