IMA Chapter DKI Jakarta Gelar Seminar & Pelatihan dalam “Small Medium Enterprise & Tourism Day”

Marketing.co.id – Berita Marketing |  Indonesia Marketing Association (IMA) kembali mengadakan kegiatan positif yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa. Kali ini, IMA melalui Chapter DKI Jakarta menggelar Small Medium Enterprise & Tourism Day di Sarinah, Jakarta.

IMA DKI Jakarta

Andi Rahim, Ketua Harian IMA Chapter DKI Jakarta mengatakan, bahwa IMA adalah komunitas untuk individu yang memiliki ketertarikan di bidang Marketing dan memiliki banyak program dalam mengembangkan UMKM dan pelaku industri pariwisata melalui acara seminar dan coaching seperti ini. Adapun gathering IMA Chapter DKI Jakarta ini dikemas dalam beberapa kegiatan menarik, dimulai dari kegiatan Family Fun Bike, lalu dilanjut dengan Gathering, Seminar, Coaching Class dan lainnya.

“Kegiatan dibuka dengan Family Fun Bike yang melibatkan puluhan peserta yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Rutenya sendiri mulai dari Sarinah – Monas – Bundaran HI – Sarinah. Kemudian, acara dilanjutkan dengan seminar bertajuk “The Role of SMEs in Tourism Industry”,” ujar dia.

Dalam seminar tersebut, dia melanjutkan, membahas bagaimana potensi UMKM dapat bersinergi dengan industri pariwisata. Potensi tersebut kupas tuntas oleh sejumlah narasumber yakni, Direktur Eksekutif – Kelapa Perwakilan BI DKI Jakarta Onny Widjanarko, General Secretary of ICSB Diah Yusuf, dan Ketua Umum ID SEED Ira Damayanti dengan moderator Kunto Wibowo.

Onny Widjanarko menyampaikan, bagaimana pentingnya content dan konteks dalam berpromosi di media sosial.bSetelah memiliki content dan konteks lalu dapat membuat sebuah event dan pasti akan viral.

“Kunci dalam menggunakan medsos, jangan hanya sebangai pengamat atau observer, tetapi juga sebagai explorer, yang melakukan eksplorasi berbagai fitur dan gaya unggahan. Lalu, menjadi produser content yang kreatif, hingga akhirnya menjadi investor dari bentuk unggahan baru dan menjadi connector atau penghubung antara konsumen dengan produk yang dipasarkan,” papar Onny.

General Secretary of ICSB Diah Yusuf menambahkan, bahwa jika ingin UMKM merambah pasar luar negeri, pengusaha harus mempunya data intelenjensi pasar luar negeri tentang kebutuhan dan selera pasar luar negeri. Adapun kunci keberhasilannya yaitu strengthen ur strength, preparing smart dan Networking and collaboration.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum ID SEED Ira Damayanti, bahwa ada persoalan pada produk Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN tetapi kalah jauh dengan negara kecil seperti Singapura. Untuk itu, Indonesia perlu memperbaiki sistem dan kualitas produk-produk Indonesia. Selain itu, ketahui produk yang dimiliki dan ketahui pula target market yang disasar.

Pada sesi kedua, para peserta UMKM juga mendapatkan sejumlah tips dalam mengembangkan usahanya – mulai dari tips mudah dalam mengakses digital untuk UMKM, pendanaan UMKM, pengelolaan pajak untuk UMKM dan Startup. Komunitas terkait juga turut memeriahkan acara dengan membawakan materi tentang peranan asosiasi UMKM di Indonesia hingga materi tentang bagaimana melakukan branding UMKM yang efektif.
Acara ini ditutup dengan berbagai hadiah untuk para pelaku UMKM dan pelaku industri pariwisata yang hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.