Infobip Luncurkan Data Center di Indonesia

cloud data center infobipMarketing.co.id – Berita Digital | Infobip, platform komunikasi cloud global, meluncurkan data center di Indonesia yang diberi nama ID1, untuk mendukung kemampuan inovasi digital cloud bagi perusahaan lokal dan multinasional.

Berlokasi di Jawa Barat, peluncuran pusat layanan data ini sejalan dengan arah strategis Digital Roadmap Indonesia tahun 2021-2024, yang bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.

Asia Pasifik merupakan salah satu kawasan dengan perkembangan digital tercepat di dunia yang turut mengubah proses organisasi dalam menjalankan bisnis. Atas dasar itu, data center milik Infobip dibangun untuk membantu bisnis di kawasan Asia Pasifik menjalankan operasional dengan efisien, ketersediaan jaringan yang cepat dan andal, serta penyediaan akses cloud technology cerdas yang dirancang untuk mendukung aktivitas interaksi pelanggan melalui platform komunikasi yang komprehensif, fleksibel dan terukur.

Fasilitas ID1 ini merupakan perluasan dari rangkaian data center milik Infobip yang tersebar di seluruh dunia, dibuktikan dengan perubahan tingkat produktivitas aplikasi lebih dari 1.500 kali sehari, dan lebih dari 20.000 pesan klien per detik, dengan kecepatan transfer data lebih dari 4,5 Gbps terhubung dengan data center di seluruh dunia. Kecanggihan data center ID1 menawarkan rangkaian layanan collocation yang lengkap, interkoneksi, serta dukungan ke berbagai ekosistem digital yang aman.

Selain itu, data center ini juga akan meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP).

Ke depannya, layanan ini akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri, termasuk ritel, banking-financial services and insurance (BFSI), logistik, makanan dan minuman, fintech, telemedicine, serta perusahaan sektor publik di Indonesia.

Alma Numic, VP General Manager APAC dan MENA – Infobip mengatakan, peluncuran data center Infobip di Indonesia menandai pencapaian penting sejak memasuki pasar Indonesia di tahun 2016.

“Kami telah bertumbuh menjadi hub tepercaya untuk semua operasi bisnis kami di masing-masing negara dengan memastikan visibilitas yang luar biasa, konektivitas yang berguna, dan peluang yang luas bagi klien dan mitra kami di berbagai sektor. Kami senang dapat menyediakan ekosistem digital inovatif yang dapat menghadirkan solusi teknologi cloud dan keahlian terbaik kami ke pasar Indonesia dan Asia Pasifik. Dengan rekam jejak kesuksesan Infobip dalam komunikasi bisnis secara global, kami berharap untuk bisa menciptakan lingkungan industri yang inklusif dan kaya untuk memperkuat visi digital Indonesia,” ujarnya.

Perlindungan dan data localization serta keamanan dan privasi adalah prioritas utama Infobip, dalam hal ini Infobip memastikan kepatuhan terhadap peraturan lokal terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Selain itu, fasilitas ini juga telah memenuhi standar internasional, termasuk ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi, Threat and Vulnerability and Risk Assessment (TVRA), dan Kepatuhan TI TÜV Rheinland untuk PCI DSS.

Mobile Identity: Pengalaman Pengguna yang Cepat & Aman

Selain data center, Infobip juga segera meluncurkan layanan Mobile Identity di Indonesia, untuk memberikan perlindungan terhadap privasi data pelanggan, meningkatkan pengalaman pengguna, dan  keterlibatan konsumen. Layanan Mobile Identity ini merupkan generasi baru dari layanan otentikasi, verifikasi, dan identifikasi yang sangat aman bagi perusahaan untuk menciptakan pengalaman pelanggan dalam ekosistem yang aman bagi pelanggan seluler.

Dengan memanfaatkan layanan Mobile Identity, perusahaan dapat mengintegrasikan solusi-solusi seperti Silent Mobile Verification (SMV), Sim-swap (SS), Know-your-customer (KYC) dan Number Share ke alur kerja operasi saat ini dalam satu platform API. Layanan ini dibuat untuk perusahaan yang mengutamakan keamanan dan jenis industri yang membutuhkan standar perlindungan pelanggan yang lebih dalam pekerjaan harian mereka.

Melalui layanan Mobile Identity ini, Infobip menargetkan untuk membantu operator seluler lokal menciptakan pendapatan baru dan sebagai sumber yang aman untuk melakukan autentikasi pelanggan dengan solusi yang dikembangkan sendiri, yaitu iGate. Dengan solusi ini, Mobile Network Operator (MNOs) dapat lebih mudah melewati kerumitan dan penyediaan sumber daya dalam mengembangkan API baru untuk mengaktifkan layanan Mobile Identity, memungkinkan percepatan penyediakan layanan untuk pasar.

“Infobip telah menjadi penyokong utama bagi Mobile Network Operator dengan layanan Mobile Identity-nya yang dibangun untuk menyediakan lingkungan yang lebih aman bagi perusahaan dan pelanggan. Melalui peluncuran data center Infobip di Indonesia, saat ini kami berada dalam posisi yang kuat untuk menawarkan waktu layanan yang lebih andal, yang semuanya disesuaikan dengan peraturan privasi data di kawasan global dan lokal. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Mobile Network Operator di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik untuk menghadirkan pengalaman pelanggan dan keamanan yang unggul kepada publik”, kata Ante Pamukovic, VP Revenue APAC – Infobip.

Peresmian data center Infobip akan dilaksanakan pada Agustus 2022. Dengan beroperasinya data center ini, diharapkan para mitra dan klien dapat memanfaatkan keunggulan cloud data center Infobip dan meningkatkan ekosistem digital mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.