Penjualan Larutan Penyegar Panas, Multivitamin dan Vitamin C Meningkat Pada Masa Pancaroba

Jovee Siapkan Trik Hadapi COVID-19 di Bulan Puasa

Salah satu penyakit yang sering muncul pada masa pancaroba adalah panas dalam. Tak heran, penjualan larutan penyegar panas, multivitamin dan vitamin C pun melonjak.

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia mengalami masa pancaroba atau peralihan musim sebanyak dua kali dalam setahun. Masa-masa ini biasa terjadi pada September-November sebagai masa peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan, dan pada Maret-April selama pergantian musim penghujan menuju musim kemarau.

Selain identik dengan pergantian cuaca esktrem, masa pancaroba juga dikenal sebagai masa-masa rentan munculnya beberapa jenis penyakit karena imunitas yang menurun akibat pergantian cuaca tersebut. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah panas dalam.

Hal ini terlihat juga dari survei Populix bulan Maret lalu yang mencatat kenaikan pembelian larutan penyegar panas dalam sebesar 8% dibandingkan bulan Januari. Selain itu, sebagai upaya masyarakat dalam menjaga daya tahan tubuh, di periode yang sama, Populix juga mencatat kenaikan pembelian multivitamin dan vitamin C masing-masing sebesar 11%.

Berdasarkan Monthly Data Tracking Populix selama Januari hingga Maret 2022, Populix mencatat 78% responden membeli larutan penyegar panas dalam setidaknya satu kali dalam sebulan pada bulan Januari-Maret, dengan 30% di antaranya membeli setidaknya satu kali dalam seminggu.

Di antara responden tersebut, 43% responden mengatakan membeli larutan penyegar panas dalam di minimarket, 38% responden membeli di warung dan 11% membeli di supermarket. Hal ini menunjukkan bahwa responden membutuhkan produk tersebut dikonsumsi secara cepat sehingga mereka membelinya dari lokasi terdekat. Sementara itu, terkait dengan anggaran yang dikeluarkan untuk membeli larutan penyegar panas dalam, 92% responden menyediakan anggaran kurang dari Rp 100.000 dalam sebulan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pancaroba, masyarakat Indonesia juga terlihat semakin rutin mengonsumsi multivitamin dan vitamin C guna meningkatkan imun tubuh. Data Populix menemukan adanya kenaikan pembelian sebesar 11% pada kategori multivitamin dan vitamin C di bulan Maret dibandingkan Januari 2022.

Survei juga menunjukkan bahwa 90% responden membeli multivitamin dan vitamin C setidaknya satu kali dalam sebulan. Adapun terkait dengan anggaran yang disediakan, 75% responden dan 62% responden menghabiskan kurang dari Rp 100.000 untuk membeli vitamin C dan multivitamin dalam sebulan. Namun, terdapat juga 31% responden yang menyediakan anggaran lebih, yaitu sebesar Rp 100.000-Rp 250.000 untuk membeli multivitamin.

Beberapa brand multivitamin yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah Imboost dan Enervon-C yang sama-sama menduduki peringkat pertama dengan 33% responden yang memilih kedua brand tersebut. Selanjutnya, 31% responden memilih CDR, 20% responden memilih Hemaviton, dan 17% responden memilih Redoxon.

Sebagai produk yang rutin dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh, mayoritas responden masih mencari produk multivitamin dan vitamin C di minimarket dan apotek. Secara lebih detail, terdapat 32% responden membeli multivitamin di minimarket, 19% responden membelinya di apotek dan 16% responden bertransaksi menggunakan e-commerce. DI sisi lain, 37% responden membeli vitamin C di minimarket, 17% responden membeli di apotek dan 14% responden membelinya di supermarket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.